Catan, Cerita di Balik Board Game yang Dijuluki Monopoly Killer [Video]

Catan, Cerita di Balik Board Game yang Dijuluki Monopoly Killer [Video]

Ada berapa banyak board game yang sudah pernah kamu mainkan hingga kamu membaca artikel ini? Apakah di antaranya kamu sudah pernah memainkan board game berjudul Catan (dulunya Settlers of Catan)?

Board game ini dirancang oleh seorang teknisi peralatan gigi bernama Klaus Teuber. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1995 di Jerman, Catan langsung diserbu para penggemar board game.

Baca juga: Catan Edisi Kolektor Ini Dijual Seharga Motor!

Pada tahun 2009, situs majalah Wired secara terang merilis artikel yang menyatakan bahwa Catan adalah board game yang sempurna hingga dijuluki sebagai Monopoly Killer. Disebut pembunuh karena pada saat itu Catan membawa gaya permainan papan ke tingkat yang lebih tinggi.

Berbagai seri Catan | Gambar: Great Big Story

Hadirnya Catan memang membawa banyak perubahan dalam industri board game termasuk bagaimana masyarakat memandang board game. Orang-orang mulai merujuk Catan sebagai board game yang bagus. Catan memiliki tingkat interaksi antar pemain yang cukup tinggi berkat adanya mekanisme barter dan tawar menawar dalam permainannya.

Baca juga: Catan Versi Coklat! Kini Kamu Bisa Bertukar Domba, Kayu, Gandum dengan Coklat

Sekilas tentang cikal bakal board game yang dirancang selama empat tahun ini, pembuatan Catan ternyata melibatkan putra-putra Klaus Teuber. Menarik ya, satu keluarga berperan aktif dalam membuat rancangan board game.

Catan sudah terjual hingga 24 juta kopi pada tahun 2016. Bisa jadi saat ini sudah mencapai lebih dari 35 juta kopi di seluruh dunia. Telah terbit ke dalam 30 bahasa yang berbeda dengan puluhan seri Catan yang berbeda seperti Star Trek Catan hingga Game of Thrones: Catan.

Cerita tentang Catan bisa juga kamu saksikan lewat video dari channel Great Big Story berikut ini:

 

You may also like