Avengers Assemble! 9 Board Game Pilihan Bertema Superhero Marvel

Avengers Assemble! 9 Board Game Pilihan Bertema Superhero Marvel

Saat ini beberapa dari kamu mungkin sudah menonton Avengers: Endgame di bioskop. Kalau pun belum, kamu tidak perlu khawatir kena spoiler karena bukan itu yang akan dibahas di sini. Tak bisa dipungkiri, produk turunan superhero garapan Marvel ada banyak. Tidak hanya komik, film, action figure namun juga board game.

Nah! Kali ini Boardgame.id telah merangkum 9 (sembilan) judul board game bertema superhero Marvel. Saat bermain board game pemain bisa terjun ke dalam dunia game tersebut. Bahkan, pemain juga bisa bermain peran menjadi karakter-karakter yang ada dalam game. Dengan kata lain, kamu bisa menjadi Iron Man, Captain America atau superhero Marvel lainnya.

Baca juga: Winter Is Coming! 9 Board Game Pilihan Bertema Game of Thrones

1. 5-Minute Marvel

  • Jumlah pemain: 3-6 orang
  • Durasi permainan: 30-45 menit
  • Harga: Rp500.000 (Tokopedia)

Ini adalah versi Marvel dari permainan kartu kooperatif, 5-Minute Dungeon yang memiliki alur permainan yang cepat. Di sini para superhero Marvel akan bertarung melewati bos-bos dalam seri Marvel hanya dalam waktu 5 menit! Gameplay yang cepat dan heboh membuat semua pemain terlibat. Gameplay kooperatif mendorong pastinya akan komunikasi, interaksi antar pemain, dan kekompakan tim. Ada 10 superhero Marvel untuk dipilih dan 6 bos yang tingkat kesulitannya akan terus meningkat.

2. Hail Hydra

  • Jumlah pemain: 5-8 orang
  • Durasi permainan: 40-75 menit
  • Harga: Rp600.000. (Tokopedia)

Kamu dan teman-temanmu akan merankan tokoh-tokoh superhero yang tergabung dalam Marvel S.H.I.E.L.D. Kota New York! Tapi tunggu – di antara rekan satu tim, mungkin adalah agen HYDRA yang menyusup di tengah-tengah! Kemampuanmu untuk mengecoh dan mendeduksi sangat diperlukan saat memainkan game ini. Ungkap siapa agen yang benar-benar setia kepada S.H.I.E.L.D atau mereka yang ternyata adalah agen HYDRA.

Hasil akhirnya hanya akan ada dua. Tim S.H.I.E.L.D. sukses yang artinya mengambil Cosmic Cube dari Red Skull dan kota terselamatkan, atau kota ini hancur. Jika kondisi kedua tercapai tim HYDRA menang. Cocok dimainkan kalau kamu suka bermain Werewolf atau The Resistance.

3. Thanos Rising

Thanos Rising: Avengers Infinity Wars

  • Jumlah pemain: 2-4 orang
  • Durasi permainan: 60-90 menit
  • Harga: Rp925.000

Thanos Rising – Avengers: Infinity War adalah permainan kerjasama dengan komponen berupa dadu dan kartu. Dalam permainan, pemain akan merekrut superhero dan membentuk tim untuk melawan Thanos dan pasukan jahatnya. Seperti dalam film Avengers: Infinity War, Thanos memiliki rencana untuk mengumpulkan 6 Infinity Stone. Tugas pemain di sini tentu adalah menghentikannya.

4. Codenames Marvel

  • Jumlah pemain: 2-8 orang
  • Durasi permainan: 15 menit
  • Harga: Rp650.000 (Tokopedia)

Codenames edisi Marvel menggabungkan permainan kata dan kode populer ala Codenames dengan semesta Marvel termasuk Spider-Man, Guardians the of Galaxy, The Avengers, Doctor Strage dan lainnya. Di sini pemain akan terbagi menjadi dua tim, S.H.I.E.L.D. dan Hydra. Kedua tim akan bersaing untuk menjadi yang pertama mengidentifikasi semua ‘agen lapangan’ yang ada di tim mereka dari 25 kartu kode yang ditampilkan dalam aturan 5 × 5 kartu. Seberapa pintar kamu melempar kode kata yang berhubungan dengan dunia Marvel akan diuji di sini.

5. Legendary Marvel

  • Jumlah pemain: 1-5 orang
  • Durasi permainan: 45 menit
  • Harga: Rp1.100.000 (Tokopedia)

Dalam Legendary: A Marvel Deck Building Game, pemain berperan sebagai pahlawan Marvel, termasuk Avengers dan X-Men, dan bergabung untuk mengalahkan para Mastermind jahat seperti Magneto, Loki, Dr. Doom, dan lainnya. Setiap pemain hanya akan mengontrol satu dek khusus sesuai superhero yang dipilih. Karenanya, gaya dan situasi permainan akan selalu berubah tergantung karakter yang tersedia.

Sepanjang permainan, pemain akan mendapatkan kartu baru yang lebih kuat. Kartu-kartu para penjahat juga bisa didapatkan jika berhasil dikalahkan dan menjadi poin di akhir permainan. Tapi ingat, kalau sang Mastermind berhasil menyelesaikan rencananya, misal dengan cara membuat sejumlah superhero terluka atau beberapa penjahat berhasil kabur maka semua pemain kalah.

6. Captain Marvel: Secret Skrulls

Captain Marvel Avengers

  • Jumlah pemain: 1-5 orang
  • Durasi permainan: 45 menit
  • Harga: Rp450.000

Game ini rupanya mengadopsi mekanisme dari card game sheriff populer, Bang!. Jadilah aneka karakter Marvel seperti dalam film Captain Marvel. Layaknya dalam film, pemain akan berhadapan dengan bangsa Skrull yang merupakan ras shape-shifter (pengubah bentuk). Mereka bisa menjadi siapapun. Jadi, tentukan siapa yang kamu percaya, lindungi aliansi dan planetmu agar damai seperti semula.

7. Munchkin Marvel

Munchkin Marvel Avengers

  • Jumlah pemain: 3-6 orang
  • Durasi permainan: 60-120 menit
  • Harga: Rp500.000

Munchkin Marvel memadukan karakter-karakter ikonik Marvel dengan keseruan permainan kartu klasik, Munchkin. Di sinipun pemain akan berpetualangan dengan membuka kartu dan mengalahkan musuh-musuh jahat dari Marvel untuk mencapai level 10. Game ini lahir berdasarkan lisensi dari Steve Jackson Games dan  Marvel, Munchkin Marvel dilengkapi dengan monster baru (penjahat), sekutu (superhero), dan Kartu Identifikasi S.H.I.E.L.D.

8. Marvel Dice Masters

  • Jumlah pemain: 2 orang
  • Durasi permainan: 30 menit
  • Harga: Rp540.000 (untuk Marvel Dice Masters: Avengers Infinity Campaign Box)

Dice Masters adalah sebuah game dadu yang merupakan rombakan dari Quarriors! besutan Michael Elliott dan Eric M. Lang. Pada dasarnya Dice Masters ini merupakan collectible game di mana kamu harus gacha untuk menemukan karakter (dadu) terbaik. Beberapa seri Dice Master di antaranya memanfaatkan semesta Marvel termasuk X-Men.

Marvel Dice Masters: Avengers Infinity Campaign Box

Hampir setiap superhero Marvel seperti Guardians of the Galaxy, Deadpool hingga bab Civil Wars dibuat versi Dice Mastersnya. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai gacha, tersedia pula Marvel Dice Masters: Avengers Infinity Campaign Box. Di dalam set ini telah tersedia 48 kartu karakter berbeda dengan lebih dari selusin karakter yang dapat digunakan untuk membangun ratusan variasi tim yang sudah siap dimainkan untuk dua pemain. Oiya, inti dari Dice Master sendiri adalah membentuk tim dari berbagai karakter (dadu) untuk ditandingkan dengan tim milik kawanmu.

9. Marvel Contest of Champions

  • Jumlah pemain: 3-6 orang
  • Durasi permainan: 30-45 menit
  • Harga: Rp770.000

Terinspirasi oleh gim mobile yang cukup laku, Contest of Champions: Battlerealm adalah gim pertempuran, strategi, dan peluang. Pilih salah satu dari 13 karakter favorit dari sari Marvel, lempar dadu dan alokasikan ISO-8 dengan hati-hati. Pindah ke lokasi baru atau aktifkan kemampuan khusus. Setiap game akan menjadi unik karena ada 40 lokasi yang bisa kamu menangkan dengan pertarungan yang cukup cepat.


Sepertinya banyak yang seru ya? Meskipun kamu bukan penggemar berat Marvel namun judul-judul di atas sepertinya layak dimainkan bersama teman atau keluargamu. Sebelum memutuskan untuk membeli kamu bisa coba untuk menjajalnya di board game cafe terdekat di kotamu. Mungkin mereka hanya punya 2-3 judul yang disebutkan di atas.

Nah! Di antara sembilan board game di atas, mana yang paling menarik perhatianmu?

You may also like