Khawatir Anak Akan Kecanduan Game? Coba Terapkan Metode 4T yang Orang Tua Bisa Dapatkan dari Seminar Ini

Khawatir Anak Akan Kecanduan Game? Coba Terapkan Metode 4T yang Orang Tua Bisa Dapatkan dari Seminar Ini

Sesuatu yang berlebih memang pada dasarnya tidak baik. Terlalu banyak makan bisa membuat gendut, terlalu banyak begadang juga membuat otak jadi kurang produktif. Begitu juga dengan game, terlalu sering bermain game memang kurang baik. Banyak orang tua yang menanggap anak-anak mereka kecanduan game.

Lama-kelamaan orang tua menjadi khawatir, bingung bagaimana mensolusikannya dan mungkin jadi berpikiran seperti ini:

Orang tua makin panik setelah World Health Organization (WHO) menetapkan kecanduan game sebagai salah satu gangguan mental pada tahun 2018. Tak bisa dipungkiri, game memang pisau bermata dua: satu sisi bermanfaat dan edukatif, sisi lainnya lagi dipandang sebagai hal yang tidak bermanfaat dan berbahaya, terutama bagi anak.

Baca juga: Orang Tua Tak Perlu Khawatir! Board Game Aman untuk Anak-Anak

Kembali pokok yang dikhawatirkan oleh orang tua di atas, pertanyaan terbesar yang sesungguhnya adalah apakah orang tua paham apa yang dianggap kecanduan? dan bagaimana mencari solusinya? apakah orang tua harus bersikap keras dan sama sekali melarang anak untuk bermain game? kalau ada game yang boleh dimainkan, harus game yang bagaimana?

Bagi orang tua yang masih banyak menyimpan keresahan di atas, Boardgame.id bersama dengan Home Sweet Home Family akan menggelar seminar yang bisa menjawab semua kekhawatiran orang tua terhadap anak yang mengalami kecanduan game.

Baca juga: Manfaatkan Board Game Sebagai Media Interaksi Dengan Anak

Seminar dengan topik “Mengurangi Kecanduan Games Pada Anak dengan Metode 4T” akan dilangsungkan pada:

Hari/tanggal: Sabtu/29 Juni 2019
Waktu: 09:00-11:30 WIB
Tempat: PlaySpace by Boardgame.id, Jalan Sukanagara no. 31, Antapani. Bandung
Peta: https://maps.app.goo.gl/LPocjq1MMNj1F4mA6
Investasi: Rp65.000 (sudah termasuk snack, air minum, file materi dan ilmu yang bermanfaat)

Materi seminar akan disampaikan langsung oleh Eko Nugroho, M. Sc., seorang game designer dan game-based learning expert yang juga menjabat sebagai CEO Kummara Game Design Studio serta Co-founder Ludenara Foundation.

Selain seminar yang ditujukan untuk para orang tua, tersedia pula pojok bermain bagi anak-anak. Untuk anak usia 3-6 tahun dikenakan biaya tambahan Rp30.000 dan mereka bisa mengikuti kegiatan seperti ice breaking, story telling, crafting dll. Sedangkan untuk anak berusia 7 tahun ke atas bisa memainkan aneka board game bersama kakak fasilitor dengan biaya tambahan Rp20.000 per anak.

Acara ini akan menerapkan skema food waste, jadi peserta diharapkan membawa botol minum sendiri. Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi Wiwik melalui Whatsapp di 081808114870 atau klik http://bit.ly/chatbubu


Di hari yang sama, lebih tepatnya siang harinya, Boardgame.id juga akan menggelar Prototype Day. Dalam acara ini beberapa kreator yang telah mendaftarkan diri boleh mengujicobakan purwarupa atau board game setengah jadi yang masih dalam tahap pengembangan. Kamu pun juga bisa mendaftarkan diri sebagai playtester atau pemain yang akan menjajal purwarupa buatan kreator serta kesempatan mengikuti acara Bedah Board Game.

Kalau kamu adalah kreator dan ingin mendaftarkan prototipe board game buatanmu untuk diujicoba, silakan registrasi di sini: Daftar Kreator

Kalau kamu ingin menelusuri lebih jauh tentang bagaimana sebuah board game diciptakan sekaligus menjadi playtester silakan registrasi di sini: Daftar Playtester

You may also like