4 Daya Tarik Bohnanza, Card Game Kacang Terlaris Sepanjang Masa [Bedah Board Game]

4 Daya Tarik Bohnanza, Card Game Kacang Terlaris Sepanjang Masa [Bedah Board Game]

Bandung, Jum’at (26/7). Boardgame.id baru saja menggelar Prototype Day yang kedua di PlaySpace by Boardgame.id. Sama seperti sebelumnya, Prototype Day dibuka dengan Bedah Board Game. Sesi ini membedah hal-hal menarik dari sebuah board game populer. Kalau di Bedah Board Game pertama membahas Carcassonne, kali ini yang dibedah adalah Bohnanza.

Baca juga: 5 Daya Tarik Carcassonne, Board Game Terbaik Tahun 2001 [Bedah Board Game]

Bohnanza dirancang oleh Uwe Rosenberg pada tahun 1997. Uwe, adalah perancang asal Jerman yang juga merancang board game populer seperti Agricola, Caverna, A Feast for Odin, Patchwork dan lainnya. Namun, sebelum menelurkan karya-karya tersebut, Bohnanza-lah yang membuat Uwe menjadi bintang.

Dalam permainan ini pemain akan menjadi petani kacang, menanam dan menanam kartu kacang untuk mendapatkan koin sebanyak-banyaknya. Dibutuhkan kemampuan negosiasi atau tawar-menawar untuk memenangkan game ini.

Baca juga: Mengenal Budaya Tawar-Menawar Bangsa Tiongkok, Kegiatan Yang Buat Mereka Pintar Berdagang

Materi Bedah Board Game ini disampaikan oleh Isa Rachmad Akbar selaku pimpinan redaksi Boardgame.id. Berikut rangkuman beberapa hal menarik dari Bohnanza mungkin ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dan pelajari sama-sama:

1. Barter bisa ciptakan tingkat interaksi yang sangat tinggi

Selain negosiasi, mekanik utama dalam Bohanza adalah trading atau barter. Pemain boleh menawarkan kacang miliknya untuk ditukarkan dengan kacang pemain lain, untuk itulah proses negosiasi diperlukan untuk mendapatkan hasil barter yang maksimal.

Pada dasarnya, barter sendiri sudah merupakan interaksi antara satu orang dengan yang lain. Jadi kalau kamu ingin membuat board game dengan tingkat interaksi yang tinggi, kamu bisa coba mengimbuhkan mengulik mekanik trading (dan negosiasi).

2. Aksi yang dipaksa

Agar pemain mau melakukan barter, harus ada elemen yang membuat mereka menarik untuk melakukannya. Kalau pemain sudah memiliki barang yang Ia punya, lalu untuk apa Ia barter? Di sinilah Uwe keluar dengan beberapa peraturan yang mendorong dan memaksa pemain agar mau melakukan barter. Menurut cara mainnya, ada 3 aksi harus dipatuhi dan dilakukan oleh para pemain.

  • Pemain harus memainkan kartu di tangan yang paling depan
  • Pemain dilarang mengacak/menyusun kartu di tangan, larangan ini memaksa pemain harus membuang kartunya dengan cara menukar/barter dengan pemain lain karena syarat pertama di atas, kalau kartunya paling depan tidak bisa dimainkan pemain harus memanen kacang secara paksa.
  • Pemain harus menanam kartu kacang setelah barter, kartu hasil barter tidak boleh disimpan di tangan. Permainan ini juga membatasi lahan pemain, yakni hanya bisa menanam dua jenis kacang pada saat yang bersamaan.

3. Sistem skoring yang unik

Kamu ingat, di atas sudah disebutkan kalau tujuan dari permainan adalah dengan mendapatkan koin sebanyak-banyaknya. Bohnanza adalah permainan kartu, semua komponennya berupa kartu. Lalu dari mana pemain mendapatkan koin? Apakah koinnya berupa kartu?

Ya, koin memang dibuat dalam bentuk kartu. Namun uniknya, kartu koin ini ada di balik kartu kacang. Artinya, Uwe melakukan hal yang cukup cerdik dan efisien. Ia menjadikan kartu memiliki dua fungsi, satu sisi sebagai kartu kacang yang bisa ditanam dan dipertukarkan, sisi lainnya adalah koin. Misal, kamu menjual 6 kartu kacang merah dan mendapat 3 koin. Kamu cukup mengembalikan 3 kartu dan menyimpan 3 kartu sisanya sebagai koin dengan cara membalik kartunya.

4. Mudah dikembangkan

Ini juga hal yang kadang selalu bisa menjadi jebakan saat mendesain game. Perancang yang baru mendalami game design cenderung membumbui rancangannya dengan segala hal yang ada dipikirannya dan akhirnya malah membuat gamenya jadi rumit. Padahal kalau diambil versi paling sederhana mungkin gamenya juga tetap seru. Ini yang dilakukan pada Bohnanza.

Base edition-nya cukup sederhana, mengenalkan varian kacang yang cukup. Kebanyakan dari game designer pemula, mungkin Ia ingin menghadirkan segala jenis kacang. Nah ini yang menjadi jebakan. Tidak perlu semua jenis kacang dimasukkan. Namun, setelah terbukti sukses, Uwe baru keluar ekspansi yang biasanya menambah varian kacang sekaligus mengenalkan beberapa mekanik baru untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih seru dan dengan level strategi yang tentunya makin mendalam.

Kini Bohanza memiliki lebih dari 15 ekspansi (elemen tambahan yang bisa dimainkan harus dengan base game) dan sekitar 10 stand-alone (varian yang bisa dimainkan tanpa harus ada base game), semuanya mengenalkan mekanik atau cara main baru tanpa mengubah inti dari permainan.

Nah! Kamu nggak mau ketinggalan sesi Bedah Board Game berikutnya? Makanya selalu cek jadwal di PlaySpace by Boardgame.id atau follow juga akun Instagram @Boardgame.id agar tidak ketinggalan acara-acara seru lainnya.

You may also like