Belajar Listrik dan Energi Lewat 5 Board Game ini

Belajar Listrik dan Energi Lewat 5 Board Game ini

Kejadian mati listrik yang terjadi di pulau Jawa dan Bali kemarin memang memberi dampak yang lumayan. Bagaimana tidak, kota-kota yang biasa terang benderang hingga malam hari mendadak gelap gulita. Jelas ini menghambat berbagai fasilitas yang biasa dinikmati, salah satunya akses gadget yang jadi terbatas.

Saking pentingnya listrik, sumber energi ini pun sering dibahas di berbagai media. Eits, tak cuma di berita saja, rupanya listrik juga pernah dibahas dalam beberapa board game lho. Berikut beberapa board game yang bertema listrik, mungkin bisa jadi pilihan untuk dimainkan bersama teman dan keluarga kalau lagi suntuk saat mati lampu.

Power Grid

Listrik
Komponen Power Grid | Amazon.com

Datang dari desainer Friedemann Friese, tujuan game ini adalah memasok listrik ke kota sebanyak mungkin. Dapatkan sumber daya mentah seperti batu bara, minyak dan uranium yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Ada juga edisi terbarunya yaitu Power Grid: Recharged dimana kamu bisa mengklaim kota yang sudah ada dengan saling bernegosiasi untuk membeli sumber energi di jalur tersebut.

Power Grid edisi biasa bisa kamu dapatkan seharga Rp690.000 di Tokopedia.

Tesla VS Edison

Listrik

Berjudul lengkap Tesla vs. Edison: War of Currents, game bergenre economic ini berkisah tentang penemuan dan industri energi di tahun 1880. Berfokus pada Nikola Tesla, Thomas Edison dan tiga penemu penting lainnya yang bersaing menjadi ilmuwan pertama yang mengenalkan lampu dan listrik ke masyarakat. Game ini juga ada ekspansinya yaitu Powering Up! yang memberi slot untuk pemain keenam.

Tesla vs. Edison bisa kamu dapatkan seharga Rp8400.000 di Tokopedia.

Baca Juga: Temukan juga Nikola Tesla, penemu Tesla Koil dan penemuan-penemuan lainnya Linimasa STEAM card game.

HATSUDEN

Listrik

Game buatan Yoshiaki Tomioka yang dirilis oleh Itten Games ini menantang kamu membangun lima jenis energi terbarukan: matahari, geotermal, angin, air dan biomassa. Bisa dimainkan oleh dua pemain, berlombalah menguasai sumber daya terbesar untuk kemudian dibagikan ke seluruh kota. Jangan lupa memastikan pasokan listrikmu cukup untuk bisa mendapat poin ya.

Hatsuden belum tersedia di Indonesia.

Blackout: Hong Kong

Jakarta mati lampu saja sudah ribut, bagaimana ya kalau kota megah sekelas Hong Kong yang terkena pemadaman? Dalam board game ini kamu adalah pemerintah yang berusaha mengelola Hong Kong yang mati lampu secara mendadak. Kerjakan tugas-tugas menantang di dalam daerah tanpa sumber listrik. Game ini didesain oleh Alexander Pfister dan dirilis oleh eggertspiele tahun 2018 kemarin.

Blackout: Hong kong belum tersedia di Indonesia.

Akatara

Listrik
Akatara | Foto: Boardgame.id

Judulnya sendiri berarti energi dalam bahasa Sansekerta. Berlatar bagian timur pulau Sumba, di sini kamu dan pemain lain harus bekerjasama membangun pembangkit energi terbarukan untuk menerangi rumah atau fasilitas umum. Masing-masing fasilitas akan menghasilkan skor jika berhasil teraliri listrik. Hati-hati juga karena ada tantangan yaitu kartu minyak tanah yang menambah level karbon.

Baca juga: Board Game Ini Ajak Murid-Murid di Sumba Timur Manfaatkan Energi Alam Menjadi Listrik

Nah, indikator kemenangannya adalah saat poin tim kamu berhasil mengalahkan jumlah level karbon yang ada. Oh ya, game ini telah dieksekusi perdana di bulan Juni 2018 lewat program Sumba Iconic Island (SII) oleh Hivos cabang Asia Tenggara bersama Kummara. Saat ini Akatara juga bisa dicoba di PlaySpace by. Boardgame.id.

Sumber: BoardGameGeek

You may also like