5 Kebaikan Bermain Game Untuk Anak

5 Kebaikan Bermain Game Untuk Anak

Di sekolah, anak-anak belajar dasar-dasar matematika. Untungnya kami memiliki banyak guru yang termotivasi, berpengalaman, dan bersemangat yang dapat mengajar anak-anak kami banyak hal yang diperlukan untuk mempersiapkan mereka untuk masa depan mereka.

Namun, orang tua juga memainkan peran penting. Orang tua bisa berkontribusi untuk perkembangan anak-anak mereka dengan merangsang otak mereka dengan belajar di rumah. Agar lebih menyenangkan, orang tua bisa memanfaatkan game agar sesi belajar anak lebih terasa sedang bermain.

Baca juga: Guru SMAN 1 Petungkriyono: Mengajar Generasi Gamer ya Harus Pakai Game Dong [Wawancara]

Kenapa pakai game?

Game selalu berhasil menarik perhatian anak atau siswa dan secara aktif melibatkan mereka. Dengan memanfaatkan game di rumah maupun di ruang kelas, pendidikan anak-anak kita menjadi lebih menarik, lebih menyenangkan dan lebih efektif.

Board game menarik karena fisik dan tampilannya | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Nah, bermain game sesungguhnya bisa memberikan banyak manfaat, antara lain:

  1. Menjadi tempat yang aman untuk mengasah keterampilan sosial. Misalnya, saling membantu, kerja tim, dan bagaimana menghadapi kehilangan atau kecurangan.
  2. Melatih diri dalam berkonsentrasi dan mengontrol diri (dan fungsi eksekutif lainnya)
  3. Cara baru untuk menjangkau anak-anak yang membutuhkan perhatian ekstra
  4. Bagi anak atau siswa yang cerdas, game bisa memberikan tantangan baru untuk mereka selesaikan
  5. Game seringkali juga bisa dipakai untuk mengenalkan topik-topik tertentu dengan cara yang menyenangkan

Pada prakteknya, bermain dan belajar menggunakan board game akan lebih mudah karena karena ukuran dan kemudahannya. Jika memanfaatkan permainan berbasis digital diperlukan koneksi ke layar yang lebih besar agar bisa disaksikan banyak orang. Sesi belajar menggunakan game tidak akan menjadi efektif apabila anak-anak berebutan melihat satu layar smartphone yang mungkin hanya 5 inchi.

Baca juga: Guru dan Orang Tua Ini Percaya Board Game Bisa Hadirkan Suasana Belajar Seru

Apalagi board game biasanya juga memiliki tampilan presentasi yang indah, gambar yang lucu atau bidak yang menawan saat dibuka dan dimainkan, anak-anak pasti makin tertarik. Satu unit board game bisa mengakomodasi biasanya hingga empat atau enam orang anak.

bermain board game bersama anak
Bermain board game bersama anak | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Tertarik mempelajari lebih lanjut tentang teknik dan metode game-based learning atau pembelajaran berbasis permainan, kamu bisa mengikuti Kelas Game Based Learning dari Ludenara yang akan digelar pada hari Sabtu, 21 September 2019 di PlaySpace by Boardgame.id, Jalan Sukanagara no. 31 Antapani, Bandung.

Informasi selengkapnya dan pendaftaran Kelas Game Based Learning bisa disimak dalam artikel berikut: Kelas Game Based Learning – 21 September 2019

You may also like