Bagaimana Caranya Supaya Game Bisa Membuat Anak Semangat Belajar?

Bagaimana Caranya Supaya Game Bisa Membuat Anak Semangat Belajar?

Game sebenarnya bisa jadi salah satu cara membuat anak semangat belajar lho! Tentunya, bukan dengan cara memberikan game pada anak lalu berharap dia bisa langsung semangat belajar.

Lalu, bagaimana dong caranya? Jawabannya bisa didapatkan dalam kegiatan Kelas Game Based Learning yang diadakan Ludenara akhir pekan ini di Playspace.

Baca juga: Board Game dan Proses Pembelajaran Yang Lebih Manusiawi

Bukan hanya untuk meningkatkan semangat belajar, game juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran lain. Hal ini sesuai dengan kerangka 21st century skills yang pastinya bakal dibutuhkan oleh anak dalam menghadapi masa depan.

Eko Nugroho, menyampaikan kiat-kiat implementasi game-based learning di Kelas Game Based Learning bulan Agustus | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Kemampuan seperti berpikir kritis, kreativitas kolaborasi dan lainnya bisa diasah melalui metode pembelajaran berbasis game alias Game Based Learning. Bahkan metode ini salah satu yang dianjurkan dalam makalah New Vision for Education yang disusun World Economic Forum bersama Boston Consulting Group.

Baca juga: Ini Cara Seru Agar Guru Bisa Salurkan Keterampilan Abad 21 di Kelas

Di Kelas Game Based Learning, ahli pembelajaran berbasis game, Eko Nugroho, akan membimbing peserta untuk mencoba suatu game dan membedahnya. Peserta akan tahu hal-hal menarik dari game tersebut lalu mengolah dan menghubungkannya menjadi sebuah materi dengan topik pelajaran yang ingin diajarkan pada anak.

Selain itu, peserta juga akan memodifikasi sebuah game agar bisa digunakan untuk membantu sarana belajar bersama anak dengan lebih seru karena menggunakan game.

Baca juga: Guru SMAN 1 Petungkriyono: Mengajar Generasi Gamer ya Harus Pakai Game Dong [Wawancara]

game based learning agar anak semangat belajar

Kelas Game Based Learning akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 21 September 2019
Waktu: 09.00-16.30 WIB
Tempat: Playspace by Boardgame.id – Jl. Sukanagara No. 31, Antapani. Bandung
Peta: https://g.page/playspace-by-boardgame-id
Investasi: Rp800.000

Yuk, manfaatkan media yang paling digemari anak-anak, yaitu game dengan metode game-based learning agar mereka jadi bisa lebih semangat belajar.

Kunjungi halaman berikut untuk mendaftar: http://bit.ly/gamebasedlearning_ludenara

Kegiatan ini diadakan oleh Ludere Nusantara (Ludenara), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi mengedukasi publik terkait berbagai potensi game untuk berbagai bentuk perubahan positif.

Untuk mewujudkan tujuan di atas Ludenara fokus pada berbagai program peningkatan kapasitas bagi orang tua, guru, aktivis pendidikan, komunitas, serta berbagai pihak yang tertarik untuk memanfaatkan game dalam proses pembelajaran serta terlibat aktif untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Informasi lebih rinci soal Ludenara dapat menghubungi Novie (+62 858-1448-8298) atau melalui Instagram @ludenara dan website www.ludenara.org.

You may also like