UNO Braille, UNO Pertama Ramah Tuna Netra!

UNO Braille, UNO Pertama Ramah Tuna Netra!

Saat pertama kali mengenal permainan papan dan kartu, biasanya kita akan disuguhi sejumlah pilihan berikut ini: Monopoli, ular tangga, kartu remi dan UNO. Ya, game yang berarti satu dalam bahasa Spanyol ini memang kecil-kecil cabe rawit. Jangan tertipu dengan bentuknya yang ringkas, konon katanya permainan ini bisa membuat temanmu ngambek seminggu kalau sedang apes kena jackpot.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Board Game ini Bisa Bikin Kamu Bertengkar Sama Teman-Temanmu

Menjadi permainan favorit pengisi waktu luang sejak lama, membuat Uno telah mengeluarkan berbagai versi lain. Sebut saja UNO Stacko, UNO Spin dan UNO Dice. Nah, baru-baru ini Mattel yang tak lain adalah produsen UNO kembali merilis satu edisi baru dari permainan ini. Berjudul UNO Braille, game ini adalah permainan UNO pertama yang bisa dimainkan oleh tuna netra lho.

Huruf Braille Dalam Permainan Kartu

Dilansir dari rilis pers resmi Mattel, setiap kartu dalam permainan memang dilengkapi dengan huruf Braille. Tujuannya tentu saja agar bisa dimainkan oleh orang dengan gangguan pengelihatan seperti tuna netra dan low-vision. Sebagai informasi, ini bukan yang pertama kali permainan ini hadir dengan fitur spesial. Tahun 2017 lalu telah rilis UNO ColorADD – yang mudah dimainkan oleh orang dengan buta warna.

Braille

Berisi 112 kartu, game ini merupakan hasil kolaborasi bersama National Federation of the Blind (NFB), organisasi tuna netra terbesar dan tertua di Amerika Serikat. Huruf Braille tercetak pada ujung bagian kartu yang menjelaskan warna kartu dan aksi setiap angka. Tak lupa huruf bertekstur ini pun ada di bagian depan dan belakang kemasan yang didominasi warna putih.

Baca juga: Terungkap! Aturan Resmi Bermain Kartu Uno Ini Malah Bikin Warganet Kecewa

Ray Adler, Global Head Games di Mattel menjelaskan, “Dengan rilisnya UNO Braille, kami harap pemain semua kalangan termasuk tuna netra bisa bermain bersama.” ujarnya dalam rilis pers. UNO Braille rilis ekslusif di situs Target.com dan dijual seharga $9.99 atau 141 ribu rupiah.

Sumber: Mattel

You may also like