President University di Bekasi Tawarkan Boardgame Design Sebagai Mata Kuliah Pilihan

President University di Bekasi Tawarkan Boardgame Design Sebagai Mata Kuliah Pilihan

Pernah dengar kabar ada universitas yang menggelar sesi playtest atau uji coba board game karya mahasiswa dan diujicobakan bersama staff dan dosen kampus tersebut? Well, kabar mengejutkan ini datang dari President University yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Ya! Hari Kamis tanggal 20 Februari 2020 yang lalu telah berlangsung sesi board game playtest yang bertempat di kampus President University. Prototype board game yang diujicobakan merupakan hasil tugas pertama dari mata kuliah Boardgame Design.

Sesi board game playtest di President University | Foto: Fransiska Rachel

Pada sesi tersebut, hadir 17 prototype board game karya para mahasiswa. Menariknya, yang ikut menguji coba bukan hanya para mahasiswa saja namun juga staff dan beberapa dosen dari berbagai jurusan. Sebagai bentuk pengenalan akan game design, prototype board game yang diujicobakan masih mengambil referensi dari berbagai board game dan permainan kartu klasik namun dengan bumbu tema dan tentunya beberapa modifikasi yang membuatnya menjadi game baru.

Kuliah Boardgame Design merupakan mata kuliah pilihan (elective) yang ditawarkan perdana di tahun 2020 ini pada jurusan Desain Komunikasi Visual Presiden University – Cikarang. Mata kuliah tersebut dipimpin oleh dua dosen pengajar, yakni Fransiska Rachel dan Lintang Anindita.

Usai sesi playtest tersebut, terdapat 7 konsep board game yang kemudian terus dikembangkan sebagai tugas lanjutan, dengan fokus pada desain board game bertema media belajar. Harapan dari pengembangan konsep tersebut agar bisa terus berlanjut hingga level produksi.

“Harapan dari hasil akhir pengembangan konsep board game ini kalau bisa sampai produksi, atau minimal dilombakan,” ujar Fransiska Rachel.

Kuliah Boardgame Design juga diharapkan menjadi mata kuliah tetap di President University. Sehingga setiap tahun harapannya bisa menghasilkan rancangan-rancangan board game yang baru.

“Hasil development diharapkan bisa jadi media baru yang membantu sesi belajar mengajar di kampus, maupun di pendidikan dasar dengan bekerjasama dengan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” tambah Fransiska.

Jangan lupa, buat yang juga punya rancangan board game dan ingin sekali diuji coba, daftarkan saja ke Prototype Day 9 yang akan dilangsungkan hari Sabtu besok tanggal 29 Februari 2020 di Bandung. Informasi selengkapnya: Butuh Pemain Buat Jajal Board Game Rancanganmu? Daftarin Aja ke Prototype Day 9

You may also like