Keren! Para Mahasiswa Kedokteran Militer Ini Belajar Dengan Board Game Lho

Keren! Para Mahasiswa Kedokteran Militer Ini Belajar Dengan Board Game Lho

Meskipun tergolong konvensional, rupanya board game menyimpan banyak sekali manfaat yang tidak biasa. Salah satunya, board game bisa menjadi salah satu media simulasi yang efektif sebagai pelatihan beberapa profesi.

Baca Juga: Kumpulan Testimoni Netizen Tentang Manfaat Board Game

Tahun 2017 lalu universitas di Amerika bernama Uniformed Services University (USU) telah menciptakan board game untuk mahasiswa kedokteran militer. Tujuannya adalah menunjukkan gambaran suasana perang yang akan mereka hadapi saat resmi terjun ke lapangan. Digawangi oleh jurusan health service, game ini melatih para calon dokter militer dan perawat agar nanti bisa membantu pasukan tentara Amerika Serikat.

dokter

Dilansir dari blog berita USU, The Pulse, proyek ini dikembangkan sebagai bagian dari kelas persiapan dokter militer bernama Military Contingency Medicine. Sejumlah game pun didesain untuk menstimulasi berbagai situasi yang mungkin dihadapi para tenaga medis yang akan disebar ke berbagai daerah perang. Tak tanggung-tanggung, profesor dan veteran Letkol. James Schwartz turut andil dalam proses pengembangan board game ini, lho!

Sejauh ini board game yang sudah diluncurkan adalah Triage, Transport and Track โ€“ atau T3. Game ini menawarkan pengalaman merawat pasien, dimana pemain harus mengatur waktu untuk bisa memberi pasien perawatan dengan fasilitas yang benar. Schwartz menjelaskan, โ€œT3 didesain oleh rekan kerja kami, Kol. (Dr.) Justin Woodson tiga tahun silam, tentunya game ini telah melewati beberapa kali revisi berdasarkan saran dan kritik para mahasiswa,โ€ ujarnya.

kedokteran militer

Sebagai pendidik sekaligus penggemar game, Woodson pun mengembangkan adaptasi sebuah game simulasi berjudul Beer Game, yang dirancang menyesuaikan para mahasiswa kedokteran militer. Ketertarikannya terhadap RPG juga membuatnya mengembangkan versi role play dari Operation Bushmaster, yang memasukkan unsur kehidupan nyata di USU. Tentunya dengan latar, lingkungan dan pasukan musuh yang telah dimodifikasi.

Kini Schwartz sedang mengerjakan seri lanjutan dari T3 yang terinspirasi dari Cluedo, yang mengajak pemain merasakan investigasi dan kehidupan base camp militer, yang seluruhnya akan diatur seperti prosedur militer sebenarnya.

Sumber: The Pulse

You may also like