Seru! Board Game Aquatico Bisa Dipakai Untuk Mengajar di Kelas

Seru! Board Game Aquatico Bisa Dipakai Untuk Mengajar di Kelas

Belajar adalah aktivitas yang paling fleksibel karena bisa didapatkan dari tempat, sumber dan media apa saja. Termasuk belajar dari sebuah game. Setiap game juga memiliki cerita, tema, cara bermain dan objektif yang berbeda-beda. Pertanyaannya, bisakah game dipakai untuk belajar dan mengajar?

Ternyata bisa!

Ludenara, sebuah lembaga non-profit yang fokus pada pendidikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran menggunakan game (game-based learning), malah sudah mempraktekkannya. Ya! Pada pertengahan tahun 2019 lalu, mereka mencetuskan program Gameschooling. Apa lagi kalau bukan sekolah tapi belajarnya pakai game.

Gameschooling pertama dibuka dan menampung anak didik dengan rentang usia 9-12 tahun. Salah satu permainan yang dimainkan di kelas Gameschooling adalah board game Aquatico, sebuah board game bertema ragam hayati perairan serta pelestarian lingkungan yang dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan.

.

mengajar dengan Aquatico
Sesi belajar dan bermain Aquatico

Mungkin sudah bisa ditebak, pelajaran pertama kelas ini tentu saja bermain board game. Setelah bermain Aquatico, para peserta didik lalu saling berdiskusi tentang kondisi laut di Indonesia saat ini. Anak-anak ini juga diminta menjelaskan bayangan mereka tentang keadaan laut beberapa tahun ke depan lewat gambar dan cerita. “Nanti laut akan bebas sampah dan ikan ikan semakin banyak” kata Nawla (10) saat ditanya harapannya tentang laut.

Pelajaran yang didapat dari Aquatico

Belajar dengan gaya seperti ini bisa dibilang cukup efektif untuk anak-anak dikarenakan mereka menganggapnya sedang bermain. Padahal, selama bermain atau setelah bermain mereka juga akan mendapatkan pengetahuan baru. Dalam kasus Aquatico, anak-anak belajar 5 hal penting:

1. Mengenal biodiversity
2. Meningkatkan kesadaran bahaya pencemaran
3. Mengenal pentingnya konservasi lingkungan
4. Mengajarkan kerjasama dan komunikasi
5. Mengasah strategi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan

Bahasan lebih detail dari poin-poin di atas bisa disimak pada artikel: 5 Hal Penting yang Bisa Dipelajari Dari Bermain Board Game Aquatico

Usai bermain, anak-anak bercerita tentang ekosistem perairan lewat gambar.

Sejalan dengan antusiasme anak-anak, orang tua yang datang menonton pun cukup puas dengan acara ini. “Kebetulan anak saya juga tertarik sekali dengan board game. Saya mendukung saja, ya, apalagi kegiatan ini ada pengetahuannya,” jelas Yatie, orang tua dari Rheina (8).

Baca juga: Komentar dan Testimoni Mereka yang Sudah Bermain Board Game Aquatico

Wah seru ya! Ternyata board game bisa dipakai untuk mengajar di kelas. Buat orang tua yang juga tertarik mengajarkan putra-putrinya kelima poin-poin di atas dengan Aquatico yuk segera dipesan. Mumpung sedang ada promo diskon Rp50.000 untuk pembelian Aquatico sampai tanggal 19 April 2020.

Anda guru atau perwakilan sekolah yang tertarik dengan Aquatico? Boardgame.id punya paket harga dengan penawaran menarik untuk sekolah, yaitu diskon 30% dari harga pasaran. Tertarik dengan paket Aquatico untuk sekolah? Hubungi Boardgame.id via email di [email protected] atau kontak Whatsapp ke nomor 089-8712-0785 (Isa).

You may also like