Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Bangau Bluwok dan Hutan Bakau [Bagian 5]

Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Bangau Bluwok dan Hutan Bakau [Bagian 5]

Board game Aquatico dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem agar terhindar dari bahaya pencemaran. Selain itu, permainan yang bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dari usia 7 tahun ini mengkaji dan memperkenalkan ekosistem perairan yang ada di Indonesia seperti: laut dan air tawar, serta satwa yang hidup di dalamnya.

Baca juga: Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Pesut Mahakam dan Sungai [Bagian 3]

Di Aquatico kamu bisa menemukan banyak satwa endemik dan salah satunya adalah bangau bluwok. Orang tua atau guru yang selesai memainkan Aquatico bersama putra putri ataupun siswa-siswinya bisa bercerita tentang bangau bluwok di Indonesia. Bisa ceritakan tentang satwa tersebut, bagaimana penampilannya, apa bedanya dengan burung air atau bangau-bangau lainnya dan seterusnya.

Orang tua seharusnya tak perlu khawatir darimana mendapatkan informasi seputar bangau bluwok karena di zaman sekarang sangat mudah didapat. Orang tua bahkan bisa bercerita sambil ‘googling’ bersama anak sambil memperlihatkan contoh gambarnya atau mungkin bisa langsung mencari videonya.

Dari Bermain Hingga Mengenal Bangau Bluwok dan Tempat Tinggalnya

bangau bluwok

Bangau bluwok adalah salah satu jenis burung air yang harus dilindungi karena terancam punah. Ciri utama bangau tersebut adalah tubuhnya dibalut bulu berwarna putih dengan kombinasi hitam pada sayap primer dan ekor, bermata coklat dan memiliki paruh kekuningan yang panjang dan melengkung.

Sebelum jumlahnya semakin sedikit, burung air yang satu ini  banyak ditemukan di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Sumbawa dan semenanjung Malaysia. Menurut informasi, kini bangau bluwok yang berada di pulau Rambut di Kepulauan Seribu yang menjadi cagar alam jumlahnya kurang dari 10 ekor.

Pulau Rambut sendiri banyak ditumbuhi hutan bakau yang rimbun serta terumbu karang yang sangat indah. Orang Belanda menyebut pulau ini dengan nama Nidelberg. Definisi dari hutan bakau ialah hutan yang tumbuh di daerah pantai, umumnya terdapat di daerah teluk dan muara sungai.

Luas hutan bakau di Indonesia sekitar 2,5 juta hingga 4,5 juta hektar dan merupakan hutan bakau atau mangrove terluas di dunia. Keberadaan ekosistem hutan bakau sangat bermanfaat untuk lingkungan di sekitarnya baik secara fisik, biologi maupun ekonomi.

Wah menarik ya! Hanya dari bermain Aquatico bisa bertemu dengan bangau bluwok yang kini jumlahnya makin sedikit serta menjelajah hingga ke pulau Rambut yang merupakan salah satu hutan bakau di Indonesia. Nah! Bagi pembaca yang ingin memiliki dan ingin segera mencoba bermain Aquatico dan menceritakan informasi di atas pada putra-putrinya, pesan saja secara online di Boardgame.id, hanya Rp240.000 saja.

Hubungi tim Boardgame.id melalui Whatsapp atau kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk memesannya lewat Tokopedia ataupun Shopee. Tersedia juga board game Indonesia seru lainnya, yuk langsung kunjungi halaman katalog berikut:

You may also like