Bantu Murid Belajar, Guru-Guru di Pekalongan Buka Donasi 200 Board Game

Bantu Murid Belajar, Guru-Guru di Pekalongan Buka Donasi 200 Board Game

Dampak pandemi Covid-19 sangat signifikan berpengaruh dalam proses belajar mengajar di banyak sekolah di Indonesia, tak terkecuali sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Pekalongan. Akibatnya sekolah-sekolah ini kini diliburkan. Kabupaten ini terletak di Provinsi Jawa Tengah wilayahnya membentang dari daerah pantai sampai daerah atas atau daerah pegunungan.

Beberapa memang masih bisa dijangkau dan dikunjungi satu per satu, namun masalahnya, yang sulit adalah mereka yang tinggal di wilayah pegunungan. Akses menuju kesana tidak mudah. Jalanannya berkelok-kelok, jaraknya cukup jauh dan sinyal terbatas. Imbasnya, para guru terpaksa membiarkan murid belajar sendiri tanpa arahan karena sulitnya akses untuk pendidikan jarak jauh.

Mendengar hambatan tersebut dari Pak Aji – Kabid Dikdas Kab. Pekalongan, KGB (Komunitas Guru Belajar) Pekalongan tergerak untuk menyediakan media belajar mandiri untuk murid dengan menggunakan board game.

KGB Pekalongan mengajar dengan board game dan card game | Foto: IG @kgbpekalongan

Guru-guru yang tergabung dalam KGB Pekalongan akhirnya mencetuskan sebuah gerakan mengumpulkan donasi untuk mencetak 200 board game gratis yang nantinya akan dibagikan ke 200 murid, lengkap dengan panduan pembelajarannya.

“Harapan, dengan bantuan board game murid bisa belajar mandiri tanpa menunggu instruksi dari kami (guru)”, ujar Dias Rahmasari, Ketua KGB Pekalongan.

Board game terbukti efektif membantu guru dan orang tua

Pak Nunuk Riza Puji, salah satu guru yang tergabung di KGB Pekalongan dan bertugas mengajar di SMA Negeri 1 Petungkriyono telah membuktikannya. Proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna dengan media board game. Murid-murid juga menjadi lebih semangat belajar. Beliau sendiri juga merupakan seorang Ayah, pernah beberapa kali Ia mengajarkan ilmu pada putranya dengan mengajaknya bermain board game.

Baca juga: Wawancara Pak Nunuk: Mengajar Generasi Gamer ya Harus Pakai Game Dong

Aksi 200 board game KGB Pekalongan

Komunitas guru ini pun telah menetapkan target yaitu mencetak 200 pcs board game atau senilai dengan Rp20.000.000. Board game yang akan dibagikan ke murid-murid di Kabupaten Pekalongan ialah board game yang dibuat sendiri oleh para guru-guru anggota KGB Pekalongan. Board game yang akan dicetak dan dibagikan tentunya telah lolos proses kurasi atau seleksi.

200 board game tersebut nantinya akan disalurkan untuk murid-murid di Kabupaten Pekalongan, khususnya daerah atas yang kesulitan akses pembelajaran jarak jauhnya.

Bagi pembaca, dimanapun berada, yang ingin membantu KGB Pekalongan menyalurkan niat baiknya bisa membantu menyumbangkan dana ke rekening BRI atas nama Wahyu Hidayat dengan nomor rekening 369 2010 1495 1536. Bukti transfer bisa dikirim ke nomor Whatsapp 0857 4254 4970.

Jangan lupa untuk follow Instagram @kgbpekalongan untuk update berita dan informasi terbaru.

You may also like