Panduan Mengirimkan Press Release ke Boardgame.id

Panduan Mengirimkan Press Release ke Boardgame.id

Boardgame.id sebagai media yang menyajikan informasi seputar Boardgame dan pemanfaatannya, selalu membuka pintu bagi berbagai pihak yang memiliki informasi menarik seputar boardgame yang layak dipublikasikan. Caranya, dengan mengirimkan press release yang memuat informasi terkait ke bagian redaksi Boardgame.id.

Apa itu press release?

Press Release (siaran pers) adalah informasi dalam bentuk berita yang biasanya dibuat oleh pihak yang terlibat dalam berita tersebut, ditujukan kepada pengelola media (dalam hal ini Boardgame.id) dengan tujuan untuk dipublikasikan di media tersebut.

Apa saja yang boleh diberitakan dalam press release ke Boardgame.id?

Segala macam informasi terkait event / acara, kabar terbaru, desain, perilisan, hingga pemanfaatan boardgame adalah hal-hal yang secara umum cocok untuk dipublikasikan melalui Boardgame.id. Pengirim press release juga sebaiknya menimbang, seberapa informative info yang disampaikan dan apakah info nya relevan dengan pembaca Boardgame.id

Contoh :

  • Penerbit “AP Creations” akan merilis gim terbarunya di bulan Juli 2020 (Informatif)
  • Guru di SMA 1 Salatiga ini memanfaatkan gim untuk mengajar coding (relevan)
  • Desainer “pemburu nyamuk” ternyata tidurnya miring (tidak informatif)
  • 3 cara pencegahan penularan covid-19 di kondisi new normal (informatif namun tidak relevan)

Apakah semua press release akan ditampilkan di Boardgame.id?

  • Redaksi Boardgame.id memiliki hak penuh untuk menerbitkan / tidak menerbitkan press release yang dikirimkan ke kami.
  • Redaksi Boardgame.id juga memiliki hak untuk menyunting konten yang disampaikan pada press release untuk memastikan seluruh informasi yang disajikan sesuai dengan kode etik dan kaidah jurnalisme yang baik tanpa mengurangi informasi yang disampaikan.
  • Redaksi Boardgame.id tidak dapat menjaminkan waktu perilisan artikel yang memuat konten dalam press release. Meski begitu, jika konten dalam press release bersifat time-sensitive, kami menyarankan press release untuk dikirim selambat-lambatnya seminggu sebelum tanggal perilisan yang dikehendaki (silahkan dicantumkan saat pengiriman) untuk memberikan cukup waktu bagi tim kami.

Apakah yang sebaiknya dilakukan saat membuat press release?

  • Berikan judul dan subjudul yang informatif di dokumen press release serta tanggal penulisan press release.
  • Cantumkan seluruh detail yang relevan dengan informasi yang disampaikan. Misalnya tanggal dan tempat untuk acara, atau gambaran gameplay dan panduan usia untuk informasi perilisan gim baru.
  • Lampirkan gambar, foto, atau dokumen / file yang terkait dengan informasi yang disampaikan. Foto dan gambar sebaiknya dikirimkan dalam resolusi yang cukup besar.
  • Lampirkan kontak lengkap penulis / institusi pengirim (nomor HP, alamat korespondensi, email)
  • Ambil dan beritakan sudut pandang yg unik dan memberikan value bagi pembaca. Jika memberikan info terkait gim misalnya, cantumkan mengapa gim tersebut menarik dan berbeda dengan gim yang sudah ada.
  • Tulis serapih mungkin. Anggap sedang menulis artikel yang siap rilis di media sehingga tim redaksi Boardgame.id tidak membutuhkan banyak editing ketika artikel tersebut dirilis.

Apakah yang sebaiknya tidak dilakukan dalam press release?

Press release bukanlah slot iklan atau advertorial. Berikan informasi yang memberikan value ke pembaca dan jangan menjual / mempromosikan secara berlebihan.

Contoh :

  • Boardgame “pemburu nyamuk” kini sudah bisa didapatkan di toko boardgame fisik dan online terdekat dengan harga Rp 100.000,-. Khusus selama bulan Agustus, setiap pembelian boardgame “pemburu nyamuk” akan mendapatkan bonus kartu nyamuk tse-tse secara gratis (informatif)
  • Tinggalkan boardgame lamamu karena “pemburu nyamuk” menyajikan 17 mode bermain yang memberikan replayability tak terbatas bagi pemiliknya. Gim ini sangat cocok dimainkan semua umur! Tunggu apa lagi segera beli di Kaskuus! (hardselling, sebaiknya tidak dilakukan)

Sepanjang apa press release harus ditulis dan dalam format apa?

Sebaiknya press release tidak terlalu panjang, cukup 1 halaman atau 2-4 paragraf. Jika informasi yang disampaikan banyak, bagi menjadi beberapa bagian untuk dipublikasikan secara terpisah. Lampirkan dokumen press release dalam bentuk word document dengan format (font, spacing) bebas.

Apakah Press Release berbayar?

Boardgame.id tidak memungut bayaran untuk tiap press release yang ditayangkan. Namun jika kalian merasa terbantu dengan perilisan kontennya di boardgame.id, kalian dapat mempertimbangkan untuk memberikan donasi untuk mendukung Boardgame.id dalam menyajikan lebih banyak konten berkualitas.

kemana saya harus mengirimkan Press Release?

Kirimkan press releasemu melalui email ke [email protected] dengan subjek PRESS RELEASE [SPASI] JUDUL KONTEN. Perkenalkan dirimu dan berikan info terkait yang menurutmu relevan di badan emailnya.

You may also like