6 Judul Board Game Baru Rilisan Matagot Asal Perancis di Tahun 2020

6 Judul Board Game Baru Rilisan Matagot Asal Perancis di Tahun 2020

Memasuki tahun 2000-an, makin banyak penerbit board game di Eropa yang bermunculan. Salah satunya adalah Matagot yang berdiri tahun 2005 dan berbasis di Perancis. Sejak itu banyak rilisan Matagot yang mendunia, sebutlah Takenoko, Cyclades, Kemet, Captain Sonar, Meeple hingga Paris New Eden yang pernah kami ulas dan masih banyak lagi.

Di tengah-tengah pandemi, mereka tetap merilis judul baru. Setidaknya, 6 judul berikut ini telah terbit di tahun 2020 dan tiga di antaranya baru saja rilis di ajang SPIEL.digital. Berikut 6 judul baru dari Matagot di tahun 2020:

Baca juga: 5 Board Game Rilisan Gemblo, Inc., dari Korea Selatan di SPIEL.digital

1. Monster Soup

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 15 menit
Rekomendasi usia: 5 tahun ke atas

photo

Tidak hanya menerbitkan board game strategi, Matagot juga punya lini produksi yang menyasar keluarga dan anak-anak seperti Monster Soup ini. Layaknya binatang dan manusia, monster pun bisa lapar. Bahkan mereka juga memiliki buku resepnya sendiri. Jika bahan-bahan sudah terkumpul, mereka bisa memasak sup dengan cepat. Pertanyaannya bisakah para monster yang diperankan oleh para pemain ini mengambil bahan-bahan yang tepat?

Masalahnya, bahan-bahan tersimpan di tas mereka. Jadi mereka cukup merogoh tas lalu mengandalkan sentuhan dan meraba-raba bahan yang dicarinya. Bahan-bahan yang perlu dikumpulkan banyak benda aneh, well, namanya juga monster. Mulai dari cacing, bola mata, kaos kaki dan lainnya.

Jika berhasil, berarti selangkah lagi untuk bisa menyantap sup, plus, mereka akan mendapat kubus yang bernilai satu poin. Setelah empat putaran, pemain yang berhasil mengumpulkan kubus adalah pemenangnya.

2. Captai Silver: Revenge Island

Jumlah pemain: 2-5 orang
Durasi: 45 menit
Rekomendasi usia: 10 tahun ke atas

Box front - French edition

Ekspansi dari Treasure Island, tidak bisa dimainkan terpisah tanpa memiliki Treasure Island

Aksi para bajak laut biasa cuma bisa disaksikan lewat layar bioskop maupun televisi. Tahun 2019 lalu, Matagot merilis Treasure Island dengan tema bajak laut. Ceritanya kru-kru kapal Long John Silver memberontak lalu memenjarakannya. Mantan anak buahnya kemudian akan menginterogasi mantan kapten kapalnya itu untuk mendapatkan petunjuk di mana sang kapten mengubur harta karunnya.

Treasure Island merupakan board game sekaligus permainan berburu harta. Di permainan ini, satu pemain akan menjadi Long John Silver dan dialah yang menentukan di mana peti harta dikubur, sisanya akan menjadi kru kapal yang akan menjari harta tersebut. Pemain yang menjadi kru akan mencorat-coret papan permainan dan menandainya dengan spidol yang bisa dihapus. Tapi menjelang akhir permainan si kapten yang berhasil kabur juga akan menuju lokasi peti. Ini perebutan terakhir, apakah Kapten lebih dulu mengamankan hartanya dan pemain lainnya kalah, atau hanya satu pemenang ketika ada kru yang berhasil menemukannya lebih dulu.

Nah! di ekspansi Captain Silver: Revenge Island, Long John Silver rupanya menyimpan harta di pulau lain. Jadi dalam set ini, terdapat peta baru. Bukan hanya itu, Kapten Silver juga punya trik di balik lengannya alias punya set kartu khusus yang dinamakan Trick Card untuk memastikan hartanya aman dari para penjarah.

3. Rapa Nui

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 45 menit
Rekomendasi usia: 10 tahun ke atas

Rapa nui

Moai adalah patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu. Sebanyak 900 patung Moai dibuat di antara abad ke-13 hingga 17 di pulau Paskah atau yang juga dikenal sebagai Rapa Nui. Dan di permainan ini, para pemain ditantang untuk menjadi kepala suku Rapa Nui yang baru. Ukir, angkut, dan tegakkan Moaï untuk mengumpulkan sumber daya, lalu mengubahnya menjadi persembahan sebagai bentuk penghormatan para leluhur atau untuk mengamankan posisi politik di pulau tersebut.

Kurang lebihnya, pemain akan selalu melewati tiga fase permainan: Fase melatakkan bidak untuk menjadi pemahat, penyihir atau pengangkut, Fase mengubah urutan giliran berdasarkan letak bidak penyihir dan mulai memahat patung, kemudian diakhir dengan Fase mengangkut patung dengan memanfaatkan bidak sendiri atau dari clan lawan.

Patung yang diangkut akan diletakkan pada sebuah pelataran yang disebut “ahu”. Pemain juga bisa memberikan persembahan pada patung yang sudah diletakkan di atas pelataran namun belum memiliki sesajen. Mereka yang memberikan sesajen akan mendapat sejumlah poin. Tentu poin terbanyak harus diraih pemain jika Ia ingin menjadi pemenang.

4. Aztec

Jumlah pemain: 3-6 orang
Durasi: 30 menit
Rekomendasi usia: 10 tahun ke atas

Box

Penggemar film Indiana Jones? Selamat! Karena board game berjudul Aztec akan mengajak pemain menggerebek ke sebuah candi terkutuk. Apa lagi kalau bukan untuk mencari harta terpendam. Pemain akan menghalalkan segala upaya untuk mendapat harta terbanyak. Tapi perlu diingat, bukan candi Aztec kalau di sana tidak terpasang banyak jebakan dan kutukan.

Di dalam candi terkutuk itu, tersimpan harta berupa permata berwarna-warni. Semua pemain mencari permata yang berbeda-beda, tentunya mereka tidak perlu berkata jujur apa yang mereka cari ke pemain lainnya. Tapi tunggu dulu, kalau ketahuan berbohong pemain malah akan mendapat batu terkutuk, dari namanya saja itu bukan hal bagus bukan? Lalu siapakah yang memiliki batu terkutuk paling banyak di akhir permainan?.

Itu artinya pemain juga bisa membuat lawan memiliki batu terkutuk lebih banyak dari miliknya sendiri, bahkan pemain bisa membuangnya dengan artefak yang sudah dikumpulkan. Pilihan ada di tangan pemain, apakah Ia akan fokus mencari siapa yang berbohong, berkomplot dengan pemain lain untuk menjatuhkan pemain tertentu atau mengumpulkan permata untuk diri sendiri.

5. Tiny Acrobats

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 20 menit
Rekomendasi usia: 8 tahun ke atas

3D BOX

Merasa handal menumpuk dan menyeimbangkan benda-benda kecil? Sepertinya Tiny Acrobats akan cocok untuk tipe orang sepertimu. Di sini pemain akan melakukan sebuah pertunjukan sirkus dan akrobat dan membuat mata para penonton terpana. Board game ini adalah perwujudan dari Meeple Circus dengan permainan yang lebih ringkas dan lebih mudah diajarkan ke pemain baru.

Selama tiga ronde, pemain akan beradu dengan pemain lain mempertunjukkan aksi akrobat terbaiknya dan mencuri hati penonton. Tiga ronde bukanlah waktu yang panjang. Siapkan meeple untuk tampil ke atas panggung. Latih ketangkasan jari untuk menyusun meeple bersama komponen lainnya untuk mendapatkan tepuk tangan penonton.

Terkadang penonton akan meminta hal yang mustahil, namun pemain harus tetap melakukannya dengan sebaik-baiknya. Ada pula bintang tamu yang akan bergabung ke atas panggung. Buat pertunjukan setinggi mungkin jika ingin mendapatkan standing applause dari penonton. Pemain yang memiliki tepuk tangan paling banyak menjadi akrobatik terbaik sekaligus pemenang permainan.

6. Vintage

Jumlah pemain: 3-6 orang
Durasi: 20 menit
Rekomendasi usia: 8 tahun ke atas

BOX

Kamu suka dengan board game Citadels? Nah! Vintage berasal dari game designer yang sama. Tentunya permainan ini menawarkan gameplay yang jauh berbeda karena di sini pemain akan menjadi para pengkoleksi barang-barang kuno. Banyak furnitur dan barang-barang dekorasi dari tahun 1950-1980 yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Siapa tahu harganya mungkin bisa lebih mahal bila dijual kembali ke orang yang tepat.

Setiap pemain akan memulai dengan tiga benda di tokonya. Setiap kartu item memiliki nilai, warna, jenis, dan tahun pembuatannya. Pada gilirannya pemain harus melakukan tiga urutan aksi berikut: mengamankan satu benda miliknya ke tangan agar tidak dicuri, mencuri kartu dari toko pemain lain, lalu mengambil dua kartu barang dari dek.

Permainan selesai begitu dek kartu telah habis. Setiap pemain menghitung poin dari kartu benda yang disimpan di tangan mereka. Pemain yang memiliki kartu benda, entah itu nilai, warna, tahun pembuatan, ataupun jenis pada kategori yang sama paling banyak akan mendapat poin tambahan.

Itu dia 6 judul board game keluaran Matagot di tahun 2020 ini. Sudah ada yang masuk ke dalam daftar incaranmu?

Jangan lupa, Boardgame.id juga memiliki puluhan judul board game Indonesia yang tak kalah seru yang bisa dipesan melalui Tokopedia maupun Shopee. Follow juga Instagram @boardgame.id untuk update menarik lainnya.

You may also like