Tantang Dirimu Jadi Komikus Handal dalam Board Game “Mangaka”

Tantang Dirimu Jadi Komikus Handal dalam Board Game “Mangaka”

Pernahkah kamu terpikirkan untuk menjadi seorang komikus atau mangaka (istilah untuk komikus manga/komik jepang)? Mungkin satu hal yang mengekang keinginan tersebut adalah kesulitan bagaimana caranya menyusun kerangka cerita yang seru. Beberapa orang yang sempat mencoba membuat komik kadang terhenti karena ide cerita yang menarik tak kunjung muncul. Sebagian yang lain mungkin merenungkan bagaimana seorang Eiichiro Oda membuat dunia manga One Piece memiliki alur sedemikian menarik atau bagaimana seorang Isayama Hajime membuat masterpiece lewat Shingeki no Kyojin-nya.

Bila memang ide yang menjadi penghambat keinginanmu menjadi seorang mangaka, maka jangan khawatir karena ada board game Mangaka yang akan membuatmu jadi semakin kreatif dan mahir dalam membuat komik.

-- Mangaka: The Fast & Furious Game of Drawing Comics, Japanime Games/Mock Man Press, 2016 (image provided by the publisher)

1. Terdiri dari tiga tema

Dalam Mangaka, kamu akan menjadi komikus yang tentunya akan membuat komik. Di dalamnya akan ada lebih dari seratus kartu tema. Pada awal giliran setiap pemain harus mengambil tiga kartu tema, misalnya “Kaijuu” atau monster raksasa; “Space Travel”; dan “Mempermalukan diri dihadapan orang yang kamu cintai”.

2. Dibatasi waktu

Permainan akan dimainkan selama 4 ronde, dan setiap ronde pemain harus menggambar komik yang berhubungan dengan tiga tema yang diambilnya tadi dalam waktu 5,6 atau 8 menit (tergantung pada tingkat kesulitan yang dipilih) pada lembar gambar yang sudah disediakan. Setelah waktu habis, setiap pemain harus bisa menceritakan apa yang digambarnya. Pemain yang sedang tidak bercerita akan memberikan poin.

Mangaka

3. Banyak tantangannya

Pada tiap ronde berikutnya akan ada kartu Trend yang dibuka. Kartu trend ini akan memberikan poin lebih bila pemain berhasil memuaskan trend ke dalam cerita komiknya, misal trend ronde berikut adalah tentang olahraga.

Tantangan dalam permainan ini tidak hanya sampai di situ. Dengan durasi waktu yang sama. Jumlah panel komik yang harus digambar tiap rondenya akan bertambah kelipatan dua. Dengan kata lain pada ronde 1 ada dua panel komik, ronde 2 jadi empat panel dan seterusnya hingga ronde 4 terdapat delapan panel komik. Di akhir ronde 4, pemain yang memiliki poin paling banyak menjadi pemenangnya.

Bagaimana? Berminat menjadi mangaka dadakan? Barangkali dengan bermain board game ini akan menggugah jiwa komikusmu. Oiya, kamu bisa melihat hasil lembar komik dari para pemain yang pernah memainkan Mangaka di halaman ini.

Jangan lupa kunjungi juga TokopediaBlibli atau Shopee Galeri Boardgame ID untuk mendapatkan puluhan board game karya anak bangsa yang tak kalah seru untuk dimainkan bersama keluarga di rumah.

You may also like