Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #8: Breadstick Games

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #08: Breadstick Games

Apa sih breadstick games itu? Sebelum dijawab pastikan dulu kamu sudah tahu tipe-tipe pengunjung yang datang ke board game cafemu. Sudah? artinya sekarang waktunya menghitung berapa board game coach yang kamu perlukan untuk standby di cafemu. Ingat! tidak semua pengunjung tahu cara bermain board game yang kamu sediakan, jadi board game coach berperan penting untuk mengajarkan cara bermainnya pada pengunjung yang datang. Mengetahui tipe-tipe pengunjung diatas akan memudahkan para coach. Jika timbul kasus seperti berikut ini, cafemu sedang ramai-ramainya beberapa pengunjung yang baru datang ingin datang namun tidak kebagian game coach. Apa yang akan kamu lakukan?

breadstick games
Jenga, salah satu breadstick games | Foto: http://thesheridansun.ca/

Disinilah peran penting adanya breadstick games, atau semacam istilah ‘camilan’ untuk board game. Ya! breadstick games adalah jenis-jenis game ringan yang mudah dijelaskan (cukup butuh 1-2 menit untuk menjelaskan) dan durasi permainan relatif singkat. Keberadaannya sangat membantu untuk mengisi kekosongan sementara para pengunjung yang belum kebagian game coach.

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

Beberapa contoh breadstick games antara lain Spot It (Dobble), Jenga, Zombie dice, Jungle Speed, Super Rhino/Rhino Hero atau Mashup Monsters dari Manikmaya Games. Contoh lain bisa kamu lihat dalam video diatas. Jadi pastikan board game cafemu juga dilengkapi dengan koleksi game-game camilan tersebut. Hal ini juga bagus untuk kepentingan bisnis di cafemu. Pengunjung cenderung akan membeli game yang mudah dan cepat ketika dimainkan. Jika cafemu juga menyediakan stok breadstick games, ini kesempatan yang bagus.

You may also like