Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #12: Pengganti Monopoly

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #12: Pengganti Monopoly

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #12: Pengganti Monopoly

Seperti yang sudah dibahas pada tips sebelumnya, Monopoly mungkin sangat-sangat populer di Indonesia dan juga di dunia. Namun, sebagai pemilik board game cafe tentu kamu pasti tahu ada banyak board game yang lebih baik dari Monopoly. Oleh karena itu ada baiknya kamu cari pengganti Monopoly dengan game-game berikut:

For Sale
For Sale | Foto: boardgamegeek.com

1. For Sale

Monopoly sangat erat dengan jual beli properti. Nah, permainan For Sale ini juga sama. Pemain akan membeli properti dari yang paling murah (rumah kardus) hingga rumah mewah seperti Mansion. Kemudian mereka harus bisa menjual kembali properti tersebut dengan berusaha mendapatkan untung yang lebih daripada saat membelinya.

2. I’m the Boss

Kalau pengunjung mencari permainan tentang perlombaan tentang siapa yang paling kaya I’m the Boss jawabannya. Pemain akan menghadapi beberapa kesepakatan dalam rangka bagi-bagi uang dengan pemain lain. Siapa saja dan berapa uang yang akan didapatkan tergantung kesepakatan, jadi antarpemain diperbolehkan melakukan negosiasi.

Marrakech
Marrakech | Foto: boardgamegeek.com

3. Marrakech

Kesamaan antara Marrakech dan Monopoly adalah sama-sama lempar dadu dan pemain diharuskan membayar bila berhenti didaerah lawan. Bedanya, dalam Marrakech para pemain akan menjadi penjual karpet, ada biaya dan syarat tertentu dalam peletakan karpet. Bila kamu berhenti dan menginjak karpet lawan maka kamu harus membayarnya dengan sejumlah koin. Jadi dimana letak kamu menyimpan karpetmu akan dibutuhkan sedikit strategi tersendiri.

4. Formula D

Game balapan ini mungkin sama sekali berbeda dengan Monopoly, namun satu hal yang pasti adalah sama-sama lempar dadu lalu melangkah. Disini pemain juga akan memperoleh dan menggerakkan bidak berupa mobil balap. Uniknya lagi kamu akan disuguhkan berbagai jenis dadu mulai dadu empat sisi hingga dadu 20 sisi.

 

Selain empat game yang disebutkan video diatas, penulis juga mau menambahkan board game yang sekiranya dapat menggantikan kehadiran Monopoly yaitu Ca$h n’ Gun$ dan Chinatown.

Pembaca juga mau menambahkan judul yang lain sebagai pengganti Monopoly?

You may also like