Pembelajaran Interaktif Menggunakan Board Game KPK

Pembelajaran Interaktif Menggunakan Board Game KPK

Setelah dilangsungkannya PlayDay Anti Korupsi di Gedung KPK pada bulan April lalu, KPK tak pernah lelah menggunakan board game untuk melancarkan kampanye anti korupsi mereka. Board game yang dibuat olehĀ Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang salah satu fungsinya untuk digunakan sebagai media pembelajaran interaktif.

Nah, dua board game KPK yang berjudul Terajana dan CSI: Pelajar HebatĀ baru saja digunakan KPK sebagai pembuka atau pengantar materi anti korupsiĀ untuk kalangan remaja. Jum’at lalu (20/4) KPK mengundang para pelajar SMP Al Azhar Jakarta untuk datang ke gedung KPK yang baru. Di sana, para pelajar menerima materi dari KPK tentang anti korupsi yang di dalamnya disisipkan juga sesi bermain board game untuk memudahkan KPK mengantarkan materi mereka.

Board Game KPK
Bermain CSI: Pelajar Hebat | Foto: BG.ID
Anti Korupsi KPK
Pelajar SMP Al Azhar menuliskan learning point setelah bermain | Foto: BG.ID

Penyampaian materi melalui board game ternyata terbukti efektif, para peserta setidaknya menjadi ceria ketika bermain dan ketika menerima materi mereka juga menjadi lebih fokus. Apalagi board game KPK juga memiliki tema atau learning point tentang kejujuran. KPK masih memiliki seri board game anti korupsi yang lain yang akan mereka gunakan untuk audiens yang berbeda.

 

You may also like