Surat Dari T1: Dari Sebelah Mata Menjadi Sepenuh Hati

303959_416344285092047_1756891470_n

Ketika membahas Industri board game Indonesia, banyak pihak masih memandangnya sebelah mata – perkembangan teknologi informasi/digital yang pesat dan market yang kabarnya masih sangat kecil selalu jadi landasan pandangan mereka. Hal itu mungkin benar adanya dan anda yang ingin masuk ke industri ini atas motivasi profit semata sebaiknya berpikir panjang dan lama.

Namun di sisi lain, kita melihat berbagai industri board game internasional yang terus berkembang pesat. Kemajuan teknologi informasi/digital telah membantu mengakselerasi perkembangan industri ini. Pilihan area produksi yang semakin kompetitif, jalur distribusi & promosi yang semakin luas, serta pertumbuhan market internasional yang semakin besar – semuanya bisa terjadi berkat perkembangan teknologi informasi/digital. Jadi pandangan bahwa industri board game akan terdesak seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi/digital sepertinya tidak terbukti, malah sebaliknya.

Bagaimana dengan market kita? Apakah artinya kita harus langsung terjun ke internasional market? Itu tentu satu opsi yang terbuka. Tapi ketika kita memilih opsi tersebut kita akan langsung bersaing dengan mereka yang sudah terlebih dahulu berperan di sana sehingga butuh persiapan sangat matang di banyak aspek untuk bisa berhasil. Ada sebuah pilihan lain, coba mengajak setiap orang untuk lebih peduli tentang board game Indonesia (memperluas market kita) – sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan secara tidak langsung juga memperkuat posisi kita di industri ini secara Internasional. Ini jalan panjang yang mungkin tidak layak secara ekonomi dan tidak mungkin kita lakukan sendiri-sendiri. Tapi bagaimana jika kita melakukannya bersama-sama, setiap hari?

Dalam 2 minggu ini boardgame.id telah dikunjungi oleh 2000 pengunjung dan total lebih dari 4000 pageview. Mengapa hal ini mesti kita banggakan? karena artinya hanya dalam 2 minggu ada 2000 orang lebih yang mendapatkan informasi sekaligus merasakan optimisme kita akan potensi industri ini. Jika 5% saja dari jumlah tersebut kemudian bersedia terlibat aktif – artinya ada tambahan 100 orang yang bersedia berjuang bersama untuk memajukan industri board game Indonesia dan itu hal yang luar biasa. Bayangkan jika kita semua yang percaya akan potensi board game bersedia berbagi cerita, informasi, dan optimismenya setiap hari – maka industri board game Indonesia yang kini masih dipandang sebelah mata pasti kemudian didukung sepenuh hati. Mari kita mulai hari ini!

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

You may also like