Surat dari T1: Bersiap Bersaing

Surat dari T1: Bersiap Bersaing

Essen SPIEL 2018 membawa banyak cerita luar biasa tentang kebangkitan industri board game Indonesia. Bagai sebuah cerita dongeng, industri board game Indonesia yang sebelumnya sama sekali tidak dikenal, tahun ini hadir di hall utama SPIEL dengan area yang luasnya sejajar dengan berbagai publisher internasional lainnya.

Lebih dari itu, kita juga hadir membawa lebih dari 20 judul board game Indonesia, disebut secara khusus dalam press release resmi serta press conference dari SPIEL 2018. Kemudian, kontingen Indonesia berhasil menghasilkan kesepakatan kerjasasama dengan publisher dunia.

Board game Buto Ijo & Timun Mas akan dicetak dan disebarkan ke 26 negara.

Semua hal tersebut adalah sinyal kuat bahwa Industri board game Indonesia tumbuh pesat. Tidak perlu waktu lama untuk para publisher dan distributor board game internasional untuk berlomba masuk ke market Indonesia. Pertanyaannya, ketika kemudian mereka benar-benar masuk dengan kekuatan penuh ke market kita, apakah kita siap untuk bersaing dengan mereka?

Percayalah pada produk board game Indonesia

Salah satu kunci keberhasilan untuk bisa bersaing ada pada kepercayaan market akan produk game kita. Saat ini, kepercayaan tersebut masih begitu terbatas (bahkan minim). Yang mungkin bahkan telah rusak berkali-kali oleh berbagai bentuk berita/informasi yang hanya mengeksploitasi aspek negatif game, ketidakmampuan kita meyampaikan segala nilai positif yang ada, juga mungkin oleh egoisme yang mendorong kita hanya memperjuangan kepentingan pribadi semata.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita masih punya banyak PR untuk meyakinkan market lokal bahwa board game Indonesia punya potensi. Godaan untuk menjual lewat jargon kosong, mengikuti tren secara membabi buta, melupakan etika demi keuntungan jangka pendek sebesar-besarnya, akan selalu ada.

Bisakah board game lokal bertahan dari penetrasi pasar board game impor?

Melakukan itu semua akan selalu jadi pilihan yang lebih mudah dibandingkan terus menjaga reputasi serta meningkatkan kualitas dari setiap karya game kita. Tapi jika kita tidak sungguh-sungguh menjaga dan meningkatkan kualitas game kita, tidak akan butuh waktu lama untuk kemudian kita akan kehilangan segalanya.

Satu yang saya selalu percaya, persaingan bukan soal menang atau kalah, tapi soal konsistensi untuk terus menujukkan integritas dalam berkarya. Mereka yang terus konsisten adalah yang layak untuk terus ada. Untuk itu, jika kita berharap board game Indonesia untuk terus ada maka kita harus bersiap bersaing – untuk lebih konsisten menjukkan integritas dalam berkarya!

Selebihnya mari ajak setiap anggota keluarga kita untuk bersama-sama bermain board game Indonesia secara lebih konsisten.

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

You may also like