4 Tips Beli Board Game Agar Kamu Tidak Bingung

“Board Game apa yang ya harus dibeli pertama kali ?” atau “Selanjutnya mau beli board game apa ya?”

Mungkin itu adalah pertanyaan yang sering terlontar ketika kamu baru saja terjerembab ke dunia board game. Menurut situs database Boardgamegeek.com (BGG), tercatat ada lebih dari 70.000 judul board game di dunia ini. Lalu harus mulai dari manakah jika ingin membeli board game? Boardgame ID akan mencoba membantumu memberikan tips dalam mengerucutkan pilihan-pilihan dari banyaknya judul board game yang ada. Untuk menuju kesana ada 4 hal yang perlu kamu jawab sendiri terlebih dahulu.

1. Siapa yang akan memainkan ketika kamu sudah beli board game?
Artinya pertama kamu harus tahu kelompok bermain atau gaming group-mu. Bermain board game tentu dibutuhkan pemain setidaknya dua orang (walau ada juga board game dengan fitur Solo Game). Kamu akan memainkannya bersama keluarga? tentu baiknya kamu langsung fokus ke Family Games. Teman-temanmu suka main game yang enteng dan mengundang banyak tawa? maka carilah Party Games.

DSC_0394
Gaming Group | Foto: Manikmaya Games

2. Judul game mana yang cocok? Semua tampak seru.
Oke, anggaplah gaming group-mu lebih suka game yang mikir alias Strategy Games. Lalu dari sekian banyak Strategy Games mana yang paling cocok dengan gaming group-mu? Cara paling mudah adalah dengan berselancar ke situs BGG. Kamu bisa cari informasi tentang game yang kamu inginkan. Disana kamu bisa menemukan deskripsi singkat tentang game tersebut, foto dan berbagai informasi lainnya. Kalau tidak tau atau tidak hafal judul gamenya, langsung saja menuju pertanyaan no. 4.

3. Beli gamenya dimana?
Sudah ketemu mana yang mau kamu cari? Sayangnya di Indonesia board game memang belum tersebar di toko-toko namun kamu bisa membeli board game secara online melalui Facebook grup Indo Board Game Market atau situs Manikmaya Games untuk board game yang khusus asli buatan Indonesia.
Keterbatasan judul yang dijual mungkin bisa jadi satu hal yang memudahkanmu di satu sisi sebagai pemula. Seller jualnya apa, kamu tinggal memilih dari stok yang mereka punya. Ga repot kan?

Colt Express Pemenang Spiel des Jahres 2015 | Foto: www.lr-online.de
Colt Express Pemenang Spiel des Jahres 2015 | Foto: www.lr-online.de

4. Tetap bingung mau beli  yang mana nih, gimana donk?
Tenang, masih ada dua cara lagi untuk membantumu menemukan titik temu. Pertama, untuk pemula (terlepas dari selera gaming group-mu) carilah board game yang memiliki seal atau cap Spiel des Jahres (SdJ) atau gelar untuk game terbaik sepanjang tahun. Jika suatu game memiliki cap SdJ bisa dijamin game tersebut ciamik untuk dimainkan. Kamu bisa memulai dengan membeli salah satu game peraih penghargaan SdJ. Pemenang SdJ 2015 adalah game Colt Express.

Kedua, cobalah kamu sering-sering gabung dengan komunitas board game di kotamu. Dengan bermain bersama mereka referensi board game kamu akan terus bertambah dan siapa tau kamu menemukan kecocokan lalu berniat membeli judul tersebut. Boardgame ID akan mencoba menyajikan daftar komunitas board game yang tersebar di Indonesia di lain kesempatan. Kamu bisa bergabung ke grup Indoboardgames di Facebook lalu perkenalkan dirimu. Kamu bisa bertanya tentang review suatu game dari member disana. Bisa juga kamu bertanya sudahkah ada komunitas board game di kota Riau, misalnya.


Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan pasangan hidup board game mana yang harus kamu beli.

You may also like