SUBOGAMA, Pameran Board Game Pertama Di Surabaya

SUBOGAMA, Pameran Board Game Pertama Di Surabaya

Pertumbuhan Industri board game Indonesia memang naik pesat belakangan ini. Jika dibandingkan dengan keadaan beberapa tahun yang lalu, mungkin bisa dibilang board game masih di bawah radar. Belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui eksistensi permainan papan di luar Monopoly, Catur, dan ular tangga. Penulis sendiri baru mengenal bahwa ternyata ada banyak sekali board game yang seru dan unik pada sebuah acara Indonesia Bermain yang digelar di Bandung tahun 2011 lalu. Di sanalah pertama kalinya penulis berkenalan dengan permainan kartu yang berjudul Bohnanza.

Sosialisasi APIBGI
Sosisalisasi tentang Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia di Pop Con | Foto: boardgame.id

Situasinya jauh berbeda dengan sekarang. Beberapa kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan bahkan hingga Makassar memiliki komunitas board game sendiri. Board game lokalpun mulai banyak bermunculan, beberapa kampus dan individu juga banyak yang mulai serius membuat desain board game, beberapa lagi malah sudah sampai pada tahap prototyping. Tidak hanya itu, belakangan ini juga mulai banyak yang membangun usaha board game cafe.

Baca juga: Seri tips untuk membangun usaha board game cafe

Board game Indonesia juga mulai kerap ikut serta menunjukkan taringnya di beberapa acara seperti Toys & Games Republic, Pop Con Asia dan Pasar Komik Bandung. Bahkan ada sosisalisasi tentang Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia di panggung utama Pop Con Asia awal September lalu. Mengingat sebenarnya genre utama dari semua acara di atas bukanlah tentang board game, lalu kapankah Indonesia memiliki pameran sendiri yang khusus memamerkan board game layaknya Essen Spiel di Jerman, Gen Con di Amerika atau Tokyo Game Market di Jepang ?

subogama cover

Jawabannya bisa kamu temukan pada bulan Oktober mendatang. Ya! Sebentar lagi, untuk pertama kalinya Indonesia akan segera memiliki acara khusus board game dengan nama Surabaya Board Game Market (SUBOGAMA). SUBOGAMA adalah sebuah ajang jual-beli, pameran board game dan juga workhop di Surabaya yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 – 16 Oktober 2016 mendatang.

Pastinya bakal ada banyak sekali board game yang bisa dimainkan di sana. Segera lingkari kalendermu dan ajak keluarga, teman dan kerabat untuk ramai ramai datang ke SUBOGAMA bulan depan. Dapatkan kabar terbaru tentang SUBOGAMA melalui fan page Surabaya Board Game Market.

You may also like