#CatatanDesainer: Buah dari Kolaborasi

#CatatanDesainer: Buah dari Kolaborasi

Ketika kamu bermain board game, pernahkah terbesit dipikiranmu bagaimana awal mula board game yang kamu mainkan itu dirancang? Berapa lama waktu pembuatannya? Apa saja kendala waktu game ini dikembangkan hingga akhirnya rilis dan memiliki banyak penggemar?

Jangan khawatir, kini boardgame.id akan menghadirkan rubrik #CatatanDesainer yang harapannya di sana kamu bisa mulai mengumpulkan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

Untuk #CatatanDesainer yang pertama, boardgame.id akan menyadur development blog dari situs Manikmaya Games. Pada catatan kali ini, Manikmaya Games sedikit bercerita awal proses pengembangan yang konon akan menjadi board game baru mereka setelah The Festivals, yaitu Aquatico.

Baca juga: The Festivals Board Game Sudah Bisa Dibeli di Manikmaya Games


All have their worth and each contributes to the worth of the others.
― J.R.R. Tolkien

Di pertengahan tahun ini Manikmaya Games bekerja sama dengan Coral Triangle Center untuk merilis board game berjudul “Aquatico”, yang telah saya (Brendan Satria) kembangkan sejak tahun lalu. Board game yang bertemakan aquatic ecosystem ini didesain untuk dimainkan 3-5 orang pemain dan ditujukan untuk dimainkan oleh keluarga.

Aquatico pada awalnya didesain untuk memperkenalkan ekosistem kepada anak-anak. Game ini dibuat ketika Manikmaya berkunjung ke Coral Triangle Center  untuk memperkenalkan potensi game sebagai media pembelajaran, sekitar awal tahun 2016 lalu.

Kolaborasi Manikmaya Games dengan CTC melahirkan Aquatico
Kolaborasi Manikmaya Games dengan CTC melahirkan Aquatico

Coral Triangle Center (CTC) sendiri adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang konservasi biodiversitas laut dan sustainable management of marine and coastal resources antar seluruh negara-negara Coral Triangle, yang bertempat di Bali. Di sana kita adakan workshop mendesain board game bersama tim CTC dengan menggunkan game ini sebagai hidangan utamanya.

Diluar dugaan, hasil workshop-kolaborasi ini ternyata membuahkan sebuah game yang simple, menyenangkan tapi sarat konten yang dapat memperkenalkan macam-macam ekosistem air dan binatang-binatang yang hidup di dalamnya dan kenapa pentingnya menjaga ekosistem terhindar dari bahaya pencemaran.

Kolaborasi lahirkan AquaticoDalam workshop ini pula mata saya (Brendan Satria) menjadi lebih terbuka, akan betapa pentingnya kita sebagai sesama makhluk hidup menjaga alam disekitar kita. Sedikit apapun kontribusi yang bisa kita lakuakan sangat berarti untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, game ini sudah mulai dimainkan dan digunakan sebagai media pembelajaran oleh Tim CTC dalam berbagai acara serta sesi training mereka. Aquatico memiliki 2 cara bermain utama, yaitu mode kooperatif dan kompetitif. Masing-masing mode akan dibahas pada development blog selanjutnya. Jadi, jangan ke mana-mana ya!

sumber: Manikmaya Games


Nah! catatannya menarik bukan? Kalau kamu juga merupakan seorang kreator (board) game dan ingin berbagi segala bentuk proses seru ketika sedang mengembangkan game, kamu bisa mengirimkan #CatatanDesainer melalui email kami di [email protected]

Ayo jangan malu bercerita, karena berbagi itu tak ada ruginya.

You may also like