11 Kompetisi Membuat Board Game Paling Terkemuka di Dunia

Bisa dibilang board game tumbuh dan berkembang dengan pesat di Eropa, terurama Jerman, semenjak tahun 90an pasca perang dunia kedua. Hingga kini tercatat ada lebih dari 70.000 judul board game dan card game (sudah termasuk ekspansi) ke dalam situs BoardGameGeek.

Dari puluhan ribu judul tersebut beberapa diantaranya ada yang berasal dari kompetisi board game design. Ada beberapa publisher yang melirik karya-karya yang dihasilkan kemudian mereka memutuskan untuk merilis dan menerbitkannya. Ternyata sudah ada banyak jenis kompetisi membuat board game yang tersebar di negara-negara maju di dunia. Berikut daftar kompetisi yang paling terkemuka di dunia (penomoran tidak menunjukkan urutan apapun):

1. FallCon – Canadian Game Design Award – Kanada

2. Granollers – Concurs Ciutat de Granollers de creació de jocs (City of Granollers Game Design Contest) – Spanyol
3. Fastaval Best Board Game Award – Denmark
4. Concours International de Créateurs de Jeux de Société (International Competition of Boardgame Creators) – Perancis

5. Gioco Inedito – Itali
6. Hippodice Spieleautorenwettbewerb – Jerman
7. Ion Gaming Award – Amerika
8. Tabletop Deathmatch – Amerika

9. Premio Archimede – Itali
10. Plateau d’or – Kanada
11. Ice Game Design Competition – Amerika

Kompetisi-kompetisi di atas biasanya digelar setahun sekali namun juga ada yang dua tahun sekali seperti Premio Archimede di Itali. Bahkan kompetisi Premio Archimade sudah dimulai sejak tahun 1992. Di Indonesia sendiri kompetisi membuat board game untuk pertama kalinya baru saja digelar dengan judul Board Game Challenge (BGC). Diprakarsai oleh Harian KOMPAS dan Kummara, BGC membuka seleksi tahap awal di lima kota besar di Jawa dan hingga kini dua kota telah terlewati. Dua judul board game yang menjuarai BGC juga sudah dirilis, dan kini tersedia di Toko Buku Gramedia atau secara online di Manikmaya Games.

Baca juga : Inilah Para Pemenang Board Game Challenge 2015

Semoga Board Game Challenge masih bisa terus berlanjut dan bahkan menjadi agenda tahunan seperti halnya kompetisi-kompetisi diatas.

You may also like