Ini Dia! Board Game Terbaik Tahun 2017 Akhirnya Diumumkan

Ini Dia! Board Game Terbaik Tahun 2017 Akhirnya Diumumkan

Pembaca di sini pasti sudah tahu kan soal Spiel des Jahres (Game of the Year – Game Terbaik), atau ajang penghargaan untuk board game terbaik. Setiap tahun akan muncul nominasi judul-judul board game yang dipercaya para juri memiliki keunikan dari segi cara bermain dan tentu seru dimainkan bersama keluarga.

Baca juga: Daftar Nominasi Spiel des Jahres 2017

Daftar nominasi telah diumumkan sejak bulan akhir bulan Mei lalu, dan kemarin (17/7) satu judul board game telah dipilih oleh para juri untuk menjadi board game terbaik tahun 2017. Penasaran?

Board game berjudul Kingdomino keluar sebagai board game yang berhak mendapatkan cap Spiel des Jahres 2017 di cover box bagian depan. Board game yang didesain oleh Bruno Cathala (Five Tribes, 7 Wonder Duel) ini memang menyasar keluarga. Bisa dimainkan untuk 2-4 pemain berusia 8 tahun ke atas dan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk menyelesaikan satu sesi pemainan.

Untuk kategori Kennerspiel des Jahres 2017 (Expert game of the Year – Game Ahli Terbaik) disabet oleh Exit: The Game. Board game yang mengusung tema escape room portabel ini dirancang oleh Inka & Markus Brand (Village, Murano). Di dalam permainan ini terdapat ‘decoder wheel’ atau papan berbentuk bulat seperti roda yang digunakan untuk menyelesaikan puzzle.

Bulan lalu, kategori untuk Kinderspiel des Jahres (Children Game of the Year – Game Anak Terbaik) telah lebih dulu diumumkan. Penghargaan ini diberikan kepada ICE COOL terbitan Amigo Spiel.

Baca juga: Pinguin-Pinguin Nakal Ini Raih Penghargaan Game Anak Terbaik Tahun 2017

Penghargaan ini tentu akan mendongkrak penjualan board game. Board game Jerman pada umumnya biasa laku sekitar 5.000 kopi, sedangkan game yang menyandang penghargaan Spiel des Jahres penjualannya akan meroket, bisa mencapai 500.000 kopi.

Jadi, apakah pemenang Spiel des Jahres ini sesuai dengan perkiraanmu? Sudahkah kamu memainkannya? Yuk, cerita di kolom komentar.

You may also like