#CatatanDesainer: Ide Bisa Datang Dari Mana Saja, Bahkan Dari Pokemon

#CatatanDesainer: Ide Bisa Datang Dari Mana Saja, Bahkan Dari Pokemon

Melanjutkan saya tuliskan pada #CatatanDesainer: Buah dari Kolaborasi sebelummya, Aquatico pada awalnya didesain untuk memperkenalkan ekosistem kepada anak-anak. Tidak ada yang lebih menantang dari mendesain sebuah game untuk anak-anak, dengan memuat suatu konten di dalamnya.

Bagi saya, salah satu hal yang paling menarik dari sebuah karya adalah cerita di balik pembuatan karya itu sendiri. Kadang ide dan hal-hal tak terduga datang pada saat pembuatan sebuah karya. Begitu pula yang terjadi saat awal pembuatan Aquatico.

Salah satu komponen dalam Aquatico | Gambar: Manikmaya Games

Di satu sisi, game ini harus bisa menyampaikan konten yang ada di dalamnya. Di sisi lain, game ini juga harus tetap menarik dan menyenangkan ketika dimainkan oleh anak-anak. Perlu diingat, anak-anak sekarang sudah sangat awam dengan game. Sehingga mereka sudah bisa menilai, membandingkan dan memilih game yang paling menarik dan asik untuk mereka mainkan. Hal inilah yang kadang membuat saya jengkel saat mendesain sebuah game untuk anak.

Ide Datang Dari Mana Saja
Salah satu kartu hewan dalam Aquatico | Gambar: Manikmaya Games

Singkat cerita, saya sudah memiliki beberapa konsep gameplay untuk Aquatico. Tapi saya masih tidak puas dengan konsep yang ada. Setelah jam kantor usai, kami terbiasa meluangkan waktu untuk bermain game. Kebetulan salah satu dari tim memainkan game favorit di konsolĀ portable-nya. Objektif dari game tersebut adalah menjadi seorangĀ monster trainerĀ terbaik dan terkuat di dunia. Yup, game tersebut adalah Pokemon.

Di dunia pokemon, para pokemonĀ trainerĀ harus berpetualang ke berbagai macam tempat untuk bertemu dengan pokemon tertentu. Dari sinilah saya mendapatkan ide, bagaimana jika konsepnya dibalik: bukannya mencari atau menangkap pokemon dengan mendatangi tempat tertentu, tapi membangun dan menjaga tempat atau ekosistem tertentu agar para pokemon bisa nyaman tinggal di ekosistem tersebut. Dengan kata lain, konsep ide ini adalah menjadikan ekosistem yang paling baik agar dihuni oleh makhluk hidup yang hanya ada di ekosistem tersebut.

Berangkat dari konsep ini Aquatico mulai dikembangkan. Dengan berkolaborasi dengan tim dari CTC, konsep awal tersebut disempurnakan. Dalam proses kolabaorasi ini, ada banyak kejadian yang tak kalah menarik terjadi. Agar lebih lengkap saya akan coba cerita pada artikel mendatang.

Sumber: Manikmaya Games


Teman-teman juga ingin berbagi cerita serunya saat mengembangkan sebuah (board) game? Kamu juga bisa mengirimkan cerita #CatatanDesainer versi kamu lewat email kami di [email protected]

Ayo jangan malu bercerita, karena berbagi itu tak ada ruginya. Malah, siapa tahu cerita kamu bisa menginspirasi game designer yang lain.

You may also like