Mengapa Board Game Mulai Bangkit dan Mendominasi Kickstarter? Ini Dia Alasannya

Mengapa Board Game Mulai Bangkit dan Mendominasi Kickstarter? Ini Dia Alasannya

Tentu pembaca sudah baca artikel yang menyebutkan kalau board game mendominasi situs urun dana, Kickstarter. Data tersebut dikeluarkan langsung oleh ICO Partners, sebuah perusahaan analis. Jika kamu terlewat berita ini, ada baiknya kamu musti membaca artikel yang dimaksud sebelum kembali membaca artikel ini.

Baca juga: Gila! Seperempat Total Dana yang Terkumpul di Kickstarter Berasal dari Ranah Board Game

Apa sih arti data-data di artikel itu? Penulis sih mengartikannya sebagai bukti kalau board game masih digemari banyak orang. Padahal sekarang sudah bermunculan game-game dengan teknologi canggih seperti VR atau game dengan grafis yang hampir menyerupai manusia  sungguhan yang tersedia untuk konsol teranyar seperti PS4 atau Xbox One.

Maksudnya, di tengah-tengah pesatnya teknologi, sebuah permainan konvensional ini justru tidak tenggelam meskipun ketika main board game harus direpotkan dengan persiapan, ketelitian dalam menghitung komponen hingga mengumpulkan lawan main.

Board game Mendominasi
Pengunjung Popcon Asia 2017 asyik bermain board game| Foto: Boardgame.id

Kenapa makin ramai? Kalau menurut penulis pribadi sih karena board game bisa menjaga kita untuk tetap menjadi manusia. Alias board game bisa membantu dan membuat kita untuk tetap bersosialiasi dengan sesama manusia, tidak menjadi robot yang tunduk pada apa yang ada di layar. Miris gak sih waktu ngumpul, teman-teman di sekitarmu malah sibuk dengan layar masing-masing?

Apa alasan board game lebih digemari? Kalau secara pemakaian mungkin karena terkesan lebih riil, melempar dadu, mengocok kartu, hal-hal ini lebih nyaman dilakukan langsung oleh para pemain yang terlibat dengan tangan masih-masing. Rasanya pasti berbeda jika kita melakukannya dengan memencet layar HP. Jadi lebih ada rasa memiliki.

Game seperti Dark Souls yang rilis di PS4, Xbox One dan PC sangat seru, tapi pemain tidak bisa menyentuh karakternya. Lalu bagaimana kalau sang jagoan bisa digerakkan secara nyata oleh pemain? mungkin ini yang mengawali terciptanya Dark Souls: The Board Game atau board game-board game lain yang diadaptasi dari judul-judul populer yang awalnya rilis dalam video game.

Baca juga: Dark Souls Board Game. Apakah Akan Menjadi Board Game Paling Sulit Dimainkan Seperti Video Gamenya?

Bukan berarti menjauhi teknologi dan video game atau digital game ya, penulis juga masih main game di Steam dan 3DS kok kalau lagi sendiri (nasib masih single, jadi masih sering sendiri). Tapi kalau lagi kumpul dengan teman, saya lebih suka mengajak mereka main dan berkompetisi (atau berkooperasi) dengan mereka lewat pion, kartu, dan dadu yang tersedia di atas meja.

Ada beberapa alasan lain kenapa skor keberhasilan board game lebih tinggi daripada proyek video game di Kickstarter. Berikut beberapa alasannya:

Halaman 1 | 2

You may also like