3 Hal Menarik Dari Pameran Board Game Terbesar Tahun Ini [Kabar SPIEL]

3 Hal Menarik Dari Pameran Board Game Terbesar Tahun Ini [Kabar SPIEL]

Tingginya minat masyarakat terhadap board game mulai banyak meningkat belakangan ini. Di Jerman, masyarakatnya telah menghabiskan setengah milyar Euro hanya untuk board game saja meskipun mereka hidup di tengah era digital yang makin maju. Jumlah itu hanya tahun lalu saja lho! Bahkan nilai tersebut mencapai 10 kali lebih banyak dari tahun lalu, sebuah rekor baru telah tercipta.

Nyatanya kalau dilihat secara aritmatika, orang-orang Jerman membeli board game setiap detiknya. Menariknya, makin hari makin banyak remaja yang mulai mencari tahu tentang board game dan card game. Mereka kini benar-benar menikmati bermain offline.

Dice Tower menelusuri Hall 1 (SPIEL’16)

Tidak hanya di Jerman, board game juga makin booming di berbagai belahan dunia lainnya. Inilah alasan mengapa pameran board game terbesar seperti SPIEL jadi makin digemari dan merekapun sengaja memperluas area pameran.

Setahun sekali, SPIEL menjadi ajang untuk unjuk gigi berbagai ide, inovasi dan tren baru dalam industri board game. Boardgame.id berkesempatan untuk mendapatkan berita hangat terkait SPIEL lewat press rilis yang mereka kirimkan. Apa saja yang kira-kira menarik dari pameran yang akan berlangsung akhir Oktober ini? Mari simak sama-sama.

Pertama dalam sejarah Essen, “SPIEL in concert”

Meskipun tidak banyak yang melakukannya, beberapa board gamer memilih menyetel musik untuk menemani mereka bermain board game. Sekaligus agar lebih tematik, seakan benar-benar masuk ke dunia game yang sedang dimainkan.

Lalu bagaimana jika yang akan kamu dengar bukanlah musik yang berasal dari gawai atau laptopmu, melainkan dari sebuah konser? Ya! Tahun ini di SPIEL’17 mendatangkan Francois Rousselot, seorang komposer skor perfilman. Rousselot akan memainkan alat musik berdawai bersama seorang pianis dan penyanyi wanita.

Shadow of Esteren | Gambar: Kickstarter

Mereka akan melantunkan musik yang akan menemani para pengunjung SPIEL’17 yang tengah bermain roleplaying game berjudul Shadows of Esteren, sebuah RPG bergenre horror di abad pertengahan. Mengambil area di Saal Europa, konser ini akan tampil pada hari jum’at 27 Oktober.

Strong Together, tempat berkumpulnya para pecinta game kooperatif

Permainan kooperatif juga memiliki banyak peminat. Di SPIEL’17, beberapa publisher ‘bekerja sama’ untuk mewujudkan “Co-op Square” di Hall 7. Area ini akan menampilkan berbagai judul board game yang menantang para pemain bukan untuk bersaing satu sama lain dan mencari seorang pemenang lain, melainakn harus saling membantu demi kemenangan bersama.

Flash Point, salah satu game kooperatif tentang pemadam kebarakan | Foto: Akron Ohio Moms

Area ini juga bertujuan untuk mengajak para orang tua yang ingin menekankan ke anak-anaknya bagaimana memahami kelebihan teman-temannya daripada mengolok kelemahan mereka.

Pengunjung bisa beli dan kirim board game di tempat

Bukan hal baru sih, namun patut disorot. Tahun lalu, sebuah jasa pengemasan dan pengiriman barang hadir di pameran untuk pertama kalinya. Hampir sempanjang empat hari pameran ada saja pengunjung yang menggunakan jasa mereka. Setidaknya ada 2.500 game dikirimkan ke 39 negara berbeda menuju rumah pengunjung atau koleganya.

Tahun ini, mereka telah siap untuk mengemas dan mengirimkan paket lebih banyak lagi. Tak heran karena mereka telah mempekerjakan pegawai yang jumlahnya dua kali lipat dari tahun sebelumnya untuk membantu mengemas paket board game milik pengunjung SPIEL’17.

Makin terasa seru ya! Dapatkan selalu informasi terbaru terkait [Kabar SPIEL] hanya di Boardgame.id

 

You may also like