Jadilah Pemimpin Night’s Watch dan Lindungi Westeros dari Serangan Wildlings dalam Game of Thrones: Catan

Jadilah Pemimpin Night’s Watch dan Lindungi Westeros dari Serangan Wildlings dalam Game of Thrones: Catan

Buat kamu yang sudah lama atau baru saja terjun ke hobi board game pasti kerap mendengar permainan yang berjudul Catan. Permainan yang pertama dirilis tahun 1995 dengan nama Settlers of Catan ini cepat mendapat julukan sebagai Monopoly Killer. Entah mengapa, orang-orang yang sudah menjajal Catan menjadi enggan bermain Monopoly. Singkat cerita, board game rancanan Klaus Teuber kini menjadi deretan board game paling laris dan sudah terjual lebih dari 7,5 juta kopi di seluruh dunia.

Demi memanjakan fans, beragam seri dan ekspansi Catan dirilis di tahun-tahun berikutnya. Di SPIEL 2017 lalu, Catan kembali mengeluarkan seri terbarunya dengan menggandeng IP (intelectual property) yang juga populer, apalagi kalau bukan Game of Thrones.

 

Novel dan serial tv karya George R. R. Martin yang banyak digandrungi ini bersatu dengan Catan menjadi A Game of Thrones: Catan – Brotherhood of the Watch. Board game ini mengambil The Brother’s of the Night Watch sebagai latar utama. Jeor Mormont mencari pemimpin baru yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja dan infrastruktur dari the Gift, sebuah wilayah di selatan the Wall yang belum banyak terjamah.

Tentu melakukannya bukanlah hal yang mudah, wilayah utara menawarkan banyak tantangan. Mereka yang ditugaskan harus juga menjaga the Wall dari serangan para Wildlings yang ingin menuju Westeros. Tujuan dari permainan ini tidak berbeda dengan seri Catan biasa, yaitu pemain yang berhasil mendapatkan 10 poin terlebih dahulu akan ditunjuk menjadi pemimpin Night’s Watch yang baru.

A Game of Thrones: Catan – Brotherhood of the Watch

Bagian membangun jalan dan pedesaan juga masih ada di seri ini. Bedanya kini pemain juga perlu merekrut penjaga untuk berpatroli. Lalu, setiap aksi pemain akan meningkatkan kekuatan dan mendekatkan diri menuju kemenangan. The Gift memiliki lahan-lahan yang berpotensi menghasilkan bata, kayu, gandum, wol dan bijih.

Hati-hati, Tormund Giantsbane dan para Wildlings bisa datang untuk merampas kekayaan the Gift, dan sudah menjadi tugasmu untuk melindungi serta mengusir mereka dengan penjaga yang telah kamu rekrut. Dalam Catan versi Night’s Watch, pemain juga akan dibekali kartu hero. Setiap hero ini akan membantu aksi pemain dan kemampuannya bisa digunakan dua kali dalam satu permainan.

A Game of Thrones: Catan – Brotherhood of the Watch yang kini sudah rilis di pasar board game Internasional bisa didapatkan dengan harga sekitar 1,2 juta rupiah. Di dalamnya juga sudah termasuk miniatur penjaga Night’s Watch lho!

Nah! tertarik untuk terjun langsung ke Westeros demi menjadi pemimpin Night’s Watch yang baru?

You may also like