Hore!!! Pemenang Penghargaan Spiel des Jahres 2018 Telah Diumumkan!

Hore!!! Pemenang Penghargaan Spiel des Jahres 2018 Telah Diumumkan!

Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Setelah pengumuman board game yang layak menyandang penghargaan Kinderspiel des Jahres (Children Game of The Year) bulan Juni lalu, kini giliran dua kategori sisanya. Sejak munculnya daftar nominasi Spiel des Jahres pada pertengahan Mei lalu, mungkin kamu sudah menebak-nebak dan menjagokan satu judul board game yang layak mendapatkan penghargaan sebagai game terbaik tahun ini.

Daripada makin penasaran, berikut para pemenang dari nominasi Spiel des Jahres dan Kennerspiel des Jahres tahun 2018.

– Azul –
Spiel des Jahres 2018 (Game of the Year)

Azul merupakan sebuah abstrak strategy board game dengan komponen yang indah yang diterbitkan oleh Plan B Games (sekarang dibawa oleh Next Move Games). Dirancang oleh Michael Kiesling, Azul sangat seru untuk dimainkan berdua dan lebih terasa ketat bila dimainkan bersama empat pemain. Selain baru saja memenangkan Spiel des Jahres 2018, Azul juga telah memenangkan penghargaan As d’Or Award di Perancis, Origin Award untuk kategori Game Keluarga Terbaik, serta Mensa Select Award.

Wah rupanya penghargaan terbaik dunia hampir disapu bersih oleh Azul. Selamat ya!

Penyandang gelar Spiel des Jahres 2018 | Foto: Instagram (@next_move_games)

 

– Die Quacksalber von Quedlinburg –
Kennerspiel des Jahres 2018 (Expert Game of the Year)

Jika Spiel des Jahres adalah kategori game yang ramah dimainkan bersama keluarga. Kennerspiel hadir sebagai alternatif game yang lebih membutuhkan strategi mendalam. Tahun ini Kennerspiel des Jahres disabet oleh Wolfgang Warsch dengan karyanya Die Quacksalber von Quedlinburg (Tukang Obat dari Quedlinburg).

Penobatan Kennerspiel des Jahres 2018 | Foto: Twitter (@wuerfeltuermer)

Di permainan ini pemain menjadi peramu yang membutuhkan bahan-bahan yang akan diambil dari kantong. Terlalu banyak bahan yang diambil bisa mengacaukan ramuan. Jika berhasil meramu porsi kecil kamu mungkin bisa menjualnya untuk mendapatkan bahan yang lebih baik untuk ramuan selanjutnya.

Edisi bahasa Inggris dari game ini akan diterbitkan oleh North Star Games (Evolution) dan ditargetkan untuk rilis pada bulan November mendatang.

Ditahun 2018 ini, muncul satu lagi penghargaan yang diberikan khusus kepada Matt Leacock dan Rob Daviau selaku perancang Pandemic Legacy 2. Penghargaan Sonderpries ini diberikan karena sistem gameplay legacy jenius yang telah dikembangkan hingga tingkat paling tinggi. Semua Legacy game di kemudian hari harus diukur dengan game ini (Pandemic Legacy).

Pemenang penghargaan di atas semuanya sesuai dugaanmu? Sudahkah kamu memainkannya?

You may also like