Pecahkan Rekor Muri, 1600 Mahasiswa Baru Jalani Masa Orientasi Sambil Main Card Game!

Pecahkan Rekor Muri, 1600 Mahasiswa Baru Jalani Masa Orientasi Sambil Main Card Game!

Masih ingat tentang liputan acara orientasi mahasiswa baru (maharu) Universitas Surabaya (Ubaya) yang menggelar acara main card game Dunia Kampus? Ternyata, keseruan mereka tidak berakhir disitu saja, lho. Ya, para mahasiswa Ubaya ini kembali beramai-ramai bermain card game, bahkan sampai memecahkan rekor Muri!

Diadakan pada Jumat (17/8) di Sport Center Kampus Ubaya Tenggilis, kegiatan ini memecahkan rekor Muri sebagai sistem pengenalan kampus dengan yang belum pernah diadakan di Indonesia. Diadakan usai pelaksanaan upacara kemerdekaan, tercatat sekitar 1600 maharu yang terlibat dalam permainan ini. Wow!

Didesain oleh dosen Ubaya sekaligus kreator board game lokal kondang, Adhicipta R. Wirawan, sesuai judulnya game ini menceritakan tentang seluruh kehidupan kampus yang dijalani mahasiswa hingga lulus kuliah. Game ini bisa dimainkan oleh 3-5 orang dan terdiri dari 105 buah kartu.

Menurut Wakil Rektor III Ubaya Hudiyo Firmanto, permainan kartu merupakan metode yang terbilang baru di kampus swasta tersebut. Namun beliau mengapresiasi hal ini karena bisa menjadi altenatif kegiatan yang seru sekaligus mendidik. “Kalau tatap muka, pasti mahasiswa jenuh, jadi dibuat melalui game.” ujarnya, dilansir dari situs resmi Ubaya.

Hudiyo menambahkan, bermain card game di acara ini tak hanya mengenalkan mahasiswa dengan kehidupan kampus, tapi juga tentang kehidupan bermasyarakat. “Para maba dikelompokkan dengan teman-teman beda ras dan agama. Kami pandu agar mereka bertemu secara fisik dan saling mengenal.” jawabnya.

Merasakan efek positif bermain card game, salah seorang maharu, Agnes Novianty membagikan testimoninya. “Sangat terbantu (dengan card game), khususnya mengenal kehidupan kuliah mulai awal masuk hingga lulus, termasuk organisasi di dalamnya. Saya jadi paham dan berusaha agar kuliah dengan baik supaya tidak di-DO (drop out).” katanya.

Dengan ribuan mahasiswa terlibat dalam sebuah kegiatan yang unik, tak heran jika acara ini resmi menggaet rekor Muri (Museum Rekor-Dunia Indonesia) yang ke 8.578. “Seluruh maba aktif dalam permainan tersebut. Ini sistem inovasi yang luar biasa dari Ubaya.” ujar Manajer Muri, Triyono.

Wah, keren banget ya acaranya! Untuk yang berminat dengan card game Dunia Kampus, bisa segera hubungi Adhicipta R. Wirawan di 0812-3110-935.

You may also like