Selamat! Bluffing Billionaires Sabet Penghargaan Boardgame of the Year di Ajang Popcon Awards 2018

Selamat! Bluffing Billionaires Sabet Penghargaan Boardgame of the Year di Ajang Popcon Awards 2018

Tangerang (22/9). Popcon Asia 2018, sebuah gelaran yang mempertemukan para pelaku industri kreatif baru saja digelar selama dua hari dari tanggal 22-23 September kemarin di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD. Layaknya Popcon Asia pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini masih memamerkan karya-karya Pop Culture seperti film, animasi, komik, hingga game.

Baca juga:Ā Board Game Lokal Kembali Serbu Popcon Asia 2018 Lewat Booth Archipelageek

Sebagai penutup acara di hari pertama, Popcon Asia menggelar Popcon Awards 2018. Kategori penghargaan ini dibagi ke dalam tiga sektor kreatif, yaitu Komik, Film dan Game. Terdapat empat nominasi untuk kategori komik, tiga untuk game, dan delapan nominasi menanti untuk kategori film.Ā Upacara pemberian penghargaan ini dimulai sekitar jam 8 malam.

Untuk kategori game, Popcon Asia memberikan kejutan dan apresiasi untuk industri board game Indonesia yang memang tengah naik daun. Pasalnya, tahun ini untuk pertama kalinya penghargaan Board Game of the Year (board game terbaik) masuk dalam nominasi. Nominasi Board Game of the Year ini diperebutkan oleh:

  • Lelang Mania (Manikmaya Games)
  • Bluffing Billionaires (Masbro Studio)
  • Kakak Teladan (Congkak & Co. Fun Factory)
  • Balap Kuliner (Kompas)

Dari keempat judul di atas, rupanya Bluffing Billionaires berhasil menyingkirkan ketiga pesaingnya untuk menyandang gelar Board game of the Year versi Popcon Awards 2018. Ketiga Kreator dari Masbro Studio yang terdiri dari Nata, Darwin dan Desyanto kemudian naik ke panggung untuk menerima plakat dan memberikan sepatah dua patah kata atas penghargaan yang diterimanya.

“Board game adalah media permainan yang bisa membuat para pemainnya bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi. Perlu digaris bawahi, board game bukanlah media game yang lebih superior dari game digital. JustruĀ sebuah komplementer, atau pelengkap dari game digital. Setiap jenis game pasti ada pro-kontranya sendiri, termasuk board game.” Terang Nata saat memberikan kata sambutan setelah menerima plakat penghargaan.

Nata kemudian menambahkan dengan mengucapkan terima kasih kepada Popcon atas kepercayaan dan apresiasinya terhadap industri board game Indonesia.

Baca juga:Ā Indonesia Select! BEKRAF & APIBGI Tunjuk 8 Board Game Indonesia Terbaik Sebagai Sorotan Utama SPIEL 2018

Wah! Sekali lagi selamat ya Masbro. Semoga dengan ini semakin banyak lagi kreator-kreator di tanah air ini yang membuat board game dengan kualitas yang semakin baik lagi.

Tentang Bluffing Billionaires
Dikembangkan oleh Masbro Studio, Bluffing Billionaires pertama kali rilis pada bulan Juli 2018. Menceritakan tentang para tokoh yang kaya raya dan mengharuskan pemain beradu aset untuk menentukan siapa yang paling kaya. Bluffing Billionaires juga terpilih dalam satu dari 24 judul board game Indonesia yang telah diseleksi oleh Bekraf dan APIBGI untuk ikut dalam SPIEL 2018, pameran board game internasional di Jerman mewakili Indonesia pada bulan Oktober mendatang.

You may also like