Phil Walker-Harding: Kritik Membantu Jadi Lebih Baik [Bagian 1]

Phil Walker-Harding: Kritik Membantu Jadi Lebih Baik [Bagian 1]

Kamu pernah bermain board game berjudul Sushi Go, Archeology, Bärenpark, atau Imhotep? Semua board game tersebut dibuat oleh perancang yang sama, Phil Walker-Harding. Sewaktu Essen SPIEL 2019 bulan Oktober lalu, Boardgame.id berhasil mengundang Phil Walker-Harding ke booth Archipelageek dari BEKRAF.

Kami pun berkesempatan mewawancarainya. Dalam bagian pertama ini, kami berbincang mengenai game design dan bagaimana awal mula Phil merintis menjadi seorang perancang board game. Ia mengaku banyak belajar dari karya-karya terdahulunya.

Tentu seorang perancang game tidak bisa menciptakan board game yang akan digemari semua orang, pasti ada saja yang tidak suka. Kami pun bertanya bagaimana Phil bersikap atau menanggapi kritik pedas dari para pemainnya.

Menurutnya, mendengar sebuah kritik itu sungguh menyakitkan. Akan tetapi yang memberi kritik pasti memberikan alasan yang wajar, oleh sebab itu mau mendengarkan kritik itu juga penting. Alhasil, Phil memperbaharui salah satu game rancangannya (Archeology) menjadi edisi baru yang lebih baik dan lebih seru.

Baca juga: Butuh Menguji Board Game Buatanmu? Serahkan Pada Playtester di Prototype Day 8

Selengkapnya mari kita simak sama-sama sesi interview bersama Phil Walker-Harding bagian pertama berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like