Impresif! Ekspansi Catan Terbaru Ini Lahir Berkat Sebuah Lembaga Konservasi Bumi, Lho!

Impresif! Ekspansi Catan Terbaru Ini Lahir Berkat Sebuah Lembaga Konservasi Bumi, Lho!

Catan. Siapa sih board gamer yang tak tahu nama ini? Tampaknya kepopuleran game berlabel Monopoly Killer ini sudah tak perlu dibahas lagi, mengingat banyak sekali media (termasuk Boardgame.id) yang menulis artikel tentang game ini.

Hidup lebih dari dua dekade, tentu board game ini telah menginspirasi lahirnya berbagai versi yang baru. Tapi bagaimana jika sang kreatorlah yang terinspirasi, dan hasilnya menjadi ekspansinya yang terbaru? Ya, inilah Catan Scenario: Crop Trust!

Dirilis oleh Catan GmbH, game ini tercetus berkat dukungan sebuah lembaga amal internasional bernama Global Crop Diversity Trust. Berkomitmen mempertahankan keanekaragaman hayati di bumi, misi inilah yang membuat Teuber mendesain game tersebut.

Bersama sang anak, Benjamin Teuber, game berdurasi satu jam ini tak jauh beda dengan versi biasa, di mana pemain harus memperluas jaringan pemukiman sepanjang pulau dengan mengumpulkan dan memakai resource, serta berdagang.

Meskipun aturan dasarnya sama, game ini rupanya memakai skenario semi co-operative. Pemain harus bekerjasama menyeimbangkan jumlah stok simpanan. Artinya jika pemain panen secara berlebihan, kerusakan lingkungan akan terjadi dan menyebabkan kekalahan.

Untuk komponen, game ini berisi 131 token, 4 seed storage record, sebuah seed vault display, field hex sebagai replika gurun dan “almanak” bersejarah Svalbard Global Seed Vault. Kamu juga akan menemukan informasi tentang lembaga Crop Trust dan perannya dalam dunia konservasi.

Baca Juga: Dalam Catan Versi Terbaru Ini Kamu Bisa Bertukar Domba, Kayu, Gandum Dengan COKLAT!

Menyasar 3-4 pemain usia 12 tahun ke atas, pihak penerbit mengklaim hasil penjualan seluruhnya akan didonasikan untuk Global Crop Diversity Trust. Mitra usaha Catan GmbH untuk AS, Catan Studio, juga akan memberi pendapatan mereka untuk setiap kopi yang dicetak sebagai apresiasi atas dukungan Crop Trust di bidang game edukasi. Keren!

Catan Crop Trust
Komponen Ekspansi Crop Trust | Foto: Catan

Nah, buat kamu yang penasaran tanggal rilisnya, ekspansi Crop Trust Scenario akan hadir perdana di Essen SPIEL akhir Oktober nanti. Game ini juga mulai dijual pada 8 November mendatang dengan harga $25.00 (Rp 382 ribu).

You may also like