Eco-Links: Berkutat dengan Puzzle yang Menggemaskan [Review]

Eco-Links: Berkutat dengan Puzzle yang Menggemaskan [Review]

  • Opini
  • January 4, 2019
  • 312
  • 11 minutes read

Coba bayangkan jika ada anak kucing yang terpisah dari ibu dan saudara-saudaranya. Pasti kamu merasa kasihan. Tidak hanya pada kucing, berbagai peristiwa termasuk bencana alam bahkan bisa memisahkan makhluk hidup dengan keluarga atau kawanannya.

Korea Boardgames mencoba mengajak pemain untuk membantu para binatang yang terpisah dari kelompoknya lewat Eco-Links. Board game yang didesain oleh Günter Burkhardt ini menyajikan tantangan berupa puzzle secara real-time.

Box depan/belakang

Kemampuan pemain menyelesaikan puzzle/rute paling cepat akan diuji. Berikut ulasan Eco-Links dari Boardgame.id

Eco-Links | 2-4 Pemain | 30 menit | 7 tahun ke atas

GAMEPLAY OVERVIEW

Masing-masing pemain akan bertanggung jawab untuk mempertemukan kembali sekelompok hewan yang terpisah. Skenario ini direpresentasikan lewat papan kotak yang di tengahnya terdapat area untuk meletakkan tile jalan. 

Permainan dimulai dengan membuka 6 tile angka secara acak dan meletakkan token hewan pada angka yang terbuka. Serentak para pemain akan menaruh tile jalan untuk mencoba menghubungkan token hewan tersebut satu sama lain.

Pemain yang lebih dulu selesai dan benar akan mendapat poin lebih besar. Permainan selesai saat salah satu pemain mencapai total poin tertentu (tergantung dari jumlah pemain).

AKSI & MEKANIK

Aksi utama pemain adalah memasang tile jalan pada papan miliknya. Mekanisme ini kerap disebut sebagai Tile Placement. Dalam menempatkan tile jalan, pemain perlu memperhatikan beberapa persyaratan.

Pemain tidak boleh menempatkan jalan keluar jika di titik tersebut tidak ada token binatangnya. Pemain juga harus membuat rute agar semua token binatang terhubung dan mereka bisa berkumpul kembali. Gaya menyusun seperti ini bisa disebut juga sebagai Pattern Building.

Buat rute secepat mungkin!

Saat seorang pemain menyatakan selesai, ia wajib membalikkan jam pasir. Sampai jam pasir tersebut habis, inilah saat-saat terakhir pemain lain boleh menyelesaikan garapan mereka.

KOMPONEN & VISUAL

Beberapa tahun belakangan ini industri board game di Korea Selatan memang berkembang pesat. Hasil cetakan board game mereka pun tak kalah dengan cetakan game-game Eropa.

Eco-Links dikemas dengan komponen yang keren. Token-token binatang yang ada di dalamnya tergambar kepala Beruang, Beruang Kutub, Kucing dan Katak yang imut nan menggemaskan.

Area pada papan juga sangat presisi, tile jalan bisa masuk dengan pas. Hasil cetakan papan yang berlapis dengan cekungan timbul sangat bagus sekali. Cekungan ini berfungsi sebagai penanda di mana pemain harus meletakkan token hewan sekaligus untuk menguncinya.

Warna dan lingkungan setiap jenis area tergambar dengan baik dan sangat memanjakan mata. Jam pasirnya pun bekerja baik, belum pernah mampet setelah beberapa kali dibolak-balik.

REPLAYABILITY

Board game-board game berjenis puzzle memang biasanya linier. Aksi yang dilakukan cenderung monoton. Ini yang juga terjadi pada Eco-Links. Untungnya, game ini dimainkan secara real-time yang memberikan pemain pressure sekaligus tantangan setiap kali bermain.

Ada pula 18 tile angka yang akan menjadi penentu titik di mana token-token hewan akan disimpan. Di setiap awal putaran hanya dibuka 6 tile (secara acak). Hal ini membuat pemain akan selalu mengerjakan set puzzle yang berbeda.

FINAL THOUGHTS

Isa R. Akbar

Eco-Links bisa menyajikan puzzle yang sama untuk semua pemain namun dengan output yang berbeda. Meskipun semua pemain memulai dengan kondisi yang sama tapi saat selesai, tile yang dipilih antar pemain mungkin berbeda. Puzzle dengan beberapa kemungkinan jalan keluar, saya suka bagian ini! 

Dengan aturan yang mudah, game ini sangat cocok dikenalkan untuk anak-anak. Apalagi untuk mereka yang semangat berkompetisi melawan waktu. Cocok juga untuk melatih otak kanan dan kiri. Eureka!

Pertemukan kembali keluarga hewan-hewa lucu ini

Vicky Belladino

Game sejenis Eco-links adalah tipe gim yang menurut saya harus ada di setiap koleksi keluarga. Bahkan ketika kamu tidak terlalu jago memainkannya. Pasalnya, gim semacam ini bisa menjadi ajang brain exercise yang menyenangkan.

Dalam kapasitasnya itu, Eco-links memberikan bonus berupa ilustrasi dan komponen yang indah disamping gameplaynya yang juga menarik. Saya sangat menikmati puzzle dari tile-tile nya. Thumbs up!

Puzzle yang menggemaskan

Aughya Shandriasti

Too much cuteness in one game! Ilustrasi yang menggemaskan benar-benar menjadi daya tarik gim puzzle ini. Sungguh tepat sekali untuk dimainkan bersama keluarga, karena cara bermainnya juga tidak terlalu sulit.

Untuk pemain dewasa pun gim ini tetap menantang dalam pilihannya antara: berebut yang pertama menyelesaikan puzzle (poin makin besar), atau terdesak waktu. Oh iya, dikarenakan pilihan token-token hewan yang ada sangat menggemaskan, memilihnya saat memulai permainan juga menjadi tantangan tersendiri lho! Cute game!


Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Korea Boardgames yang telah memberikan review copy Eco-Links.

You may also like