Terraforming Mars: Jadikan Mars Layak Huni [Review]

Terraforming Mars: Jadikan Mars Layak Huni [Review]

  • Opini
  • February 26, 2019
  • 225
  • 12 minutes read

Saat populasi di Bumi sudah terlalu banyak, Bumi tidak lagi layak untuk ditinggali. Lalu apa yang bisa dilakukan? Pemerintahan Dunia memiliki proyek besar untuk melakukan ekspansi ke luar Bumi.

Mars menjadi tujuan utama. Hanya saja, di sana tidak ada atmosfer, bersuhu dingin dan kering. Oleh karena itu menggalakkan aksi terraform (membentuk bumi) menjadi prioritas.

Terraforming Mars

Kira-kira begitulah narasi yang ditawarkan oleh board game berjudul Terraforming Mars yang diterbitkan oleh FryxGames dan Stronghold Games. Di sini pemain diajak untuk bersimulasi menjadi korporasi yang berkontribusi untuk membuat Mars agar layak huni seperti Bumi.

GAMEPLAY OVERVIEW

Terraforming Mars hadir dengan petak-petak kosong yang setiap petaknya merepresentasikan 1% dari permukaan Mars. Agar Mars bisa ditinggali oleh manusia, ada tiga parameter utama yang harus dihadirkan (Global Parameters).

Kadar oksigen harus mencapai 21%,menyamai presentasi oksigen dari atmosfer yang ada di bumi, Membentuk 9 petak lautan (9%) yang berguna untuk menjaga siklus air, kelembaban udara, serta pola cuaca. Kemudian karena suhu awal di Mars mencapai -30°C, maka perlu dihangatkan.

Permainan berlangsung selama beberapa putaran hingga semua global parameter di atas mencapai titik aman. Selama itu, pemain akan melakuan berbagai aksi untuk menjadi korporasi yang paling berpengaruh dalam proses Terraforming di Mars.

AKSI & MEKANIK

Pada dasarnya, setiap mendapatkan giliran pemain boleh melakukan maksimal dua aksi. Menariknya, aksi pemain sangat fleksibel. Artinya, pemain boleh skip terlebih dahulu untuk melihat aksi lawan baru kemudian melakukan aksi.

Aksi-aksi yang bisa dilakukan pemain juga sebenarnya sangat sederhana namun pilihannya cukup banyak. Aksi yang sudah jelas tentu penghijauan untuk menaikkan kadar oksigen, membentuk lautan atau menaikkan suhu demi mencapai target global parameter.

Aksi-aksi lainnya adalah memainkan Kartu Proyek, membangun kota, atau mengklaim milestones & penghargaan. Biasanya semua aksi diikuti dengan membayarkan sejumlah koin.

Setiap Kartu Proyek hadir merepresentasikan proyek pengembangan teknologi dengan efek yang beragam. Jika strategimu tepat, beberapa kartu bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kombo.

VISUAL & KOMPONEN

Terraforming Mars dikerjakan oleh Fryxelius bersaudara. Jacob Fryxelius sebagai perancang game dan untuk ilustrasi dikerjakan oleh Isaac Fryxelius.

Mars mulai hijau, banyak lautan dan ada kota

Dari segi visual, suasana Mars digambarkan dalam porsi yang cukup untuk membangkitkan imajinasi akan Mars yang sesungguhnya. Untuk Kartu Proyek, karena jumlahnya mencapai lebih 200 lembar, FryxGames memilih untuk mengambil gambar yang terlindung oleh Creative Commons, dengan beberapa kartu diberi sentuhan tambahan agar lebih tematik.

Komponen. Kubus untuk setiap pemain transparan dan kubus emas, perak serta perunggu untuk penanda jumlah uang dan sumber daya juga cukup gemerlap.

Hati-hati, kalau kena senggol bisa repot

Semua terlihat bagus, sampai mulai bermain. Begitu kubus-kubus penanda diletakkan pada papan pemain. Sedikit kesenggol bisa berantakan. Pemain perlu berhati-hati saat bermain, jangan sampai ada yang menggeser atau menggebrak meja.

REPLAYABILITY

Satu sesi bermain dijamin akan memberikan pengalaman yang berbeda di sesi berikutnya. Alasannya sederhana, kebanyakan aksi pemain bergantung pada Kartu Korporasi yang didapat dan Kartu Proyek yang dimainkannya. Sedangkan Kartu Proyek berjumlah ratusan.

Bisa jadi banyak Kartu Proyek mungkin tidak sempat dipakai dalam satu sesi. Bisa jadi banyak kartu yang baru muncul di game selanjutnya. Atau kombinasinya.

Kartu Korporasi juga bisa mengubah gaya bermain si pemain.

Ditambah lagi beberapa kartu efek memiliki syarat yang harus ditaati agar bisa dimainkan. Misalnya ada kartu yang baru bisa dimainkan jika kadar oksigen sudah mencapai 6% atau suhu sudah mencapai minimal -10°C. Nah bisa saja di satu sesi kartu tersebut dibuang karena tidak memenuhi syarat, di sesi yang lain kamu mampu memainkannya karena syaratnya terpenuhi.

FINAL THOUGHTS

Isa R. Akbar

Pada dasarnya game ini mudah, namun terlihat kompleks karena terlalu banyak kartu dan printilan komponen lainnya. Biasanya setelah lewat dari dua putaran pemain akan langsung mulai mengerti dan mulai menjalankan strateginya masing-masing. Adanya Milestones dan Awards membantu mengarahkan pemain yang mungkin masih bingung menjadi punya kejaran.

Tidak cukup hanya dimainkan sekali. Permainan selanjutnya pasti akan jadi lebih seru dan ketat. Bagus juga untuk memicu rasa penasaran dan belajar sains tentang Mars.

Setiap kartu unik, punya efek yang berbeda

Esqi Aktiadi

Game card drafting yang menuntut pemainnya memiliki skill membaca kartu dan memprediksi langkah dengan cepat. Saya menyukai game ini karena memiliki replayability yang tinggi bergantung pada kartu yang didapat. Hanya saja, tidak newbie-friendly karena banyak teks di kartunya.

Aughya Shandriasti

Jumlah kartu yang banyak dengan tulisan di mana-mana memang cukup intimidatif untuk pemula. Tapi setelah memahami alur permainan dan simbol-simbol pada kartunya ternyata game ini cukup adiktif.

Setiap kali global parameter dinaikkan, rating korporasi pemain juga ikut naik

Dengan strategi yang tepat ternyata ada banyak kartu yang bisa jadi kombo. Paling menyenangkan adalah saat bisa memiliki aksi lebih ketimbang pemain lain. Jangan lupa memperhatikan kondisi papan dan global parameter, agar strategimu berjalan lancar untuk memperbesar peluang kemenangan.

You may also like