Indonesia Akan Gandeng Salah Satu Universitas di Inggris untuk Kembangkan Board Game Internet Sehat?

Indonesia Akan Gandeng Salah Satu Universitas di Inggris untuk Kembangkan Board Game Internet Sehat?

Selain mendapat kesempatan di panggung talkshow dalam pameran London Book Fair (LBF) 2019, kontingen Indonesia punya agenda lain yang tak kalah menarik. Salah satunya lagi, tim Kummara Game Design Studio berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam seminar bertajuk “The Rise of Applied/Serious Game Indistry in Indonesia” diadakan pada tanggal 13 Maret 2019 di Universitas Kent di Inggris. Kesempatan seminar ini juga merupakan bagian dari agenda Indonesia yang menjadi Market Focus Country dalam pameran LBF sebagai bentuk pengenalan produk board game Indonesia ke masyarakat london dan sekitarnya.

Baca juga: Board Game Indonesia Punya Konten yang Kuat untuk Mendunia

Seminar ini dihadiri oleh Dr. Jim Ang (Dosen Senior di Multimedia/Digital Systems dan Direktur Studi Pascasarjana), Dr. Budi Arief (Dosen Senior dan Direktur Inovasi), Dr. Jim Wills (Fakultas Sejarah) serta beberapa kandidat PhD dari Universitas Kent. Selain itu, dari Indonesia juga hadir Dr. Titik Respati (Fakultas Kedokteran UNISBA) dan Andre Dubari (Ketua Umum Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia).

Eko Nugroho, CEO dari Kummara memimpin seminar ini dan membahas tentang tumbuhnya industri serious game di Indonesia. Salah satu bahasannya adalah studi kasus dari perspektif seorang game designer tentang bagaimana cara merancang dan mengimplementasi game untuk mendukung pembelajaran berbasis game.

Eko Nugroho memimpin seminar di Universitas Kent, Inggris

Eko juga menceritakan pengalaman bagaimana memanfaatkan game untuk memotivasi perubahan baik mulai dari kampanye anti korupsi (board game KPK) hingga penyebaran nilai-nilai perdamaian (program Board Game for Peace). Usai menerangkan, sesi dilanjutkan dengan diskusi terbuka untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan kerjasama dalam waktu dekat.

Baca juga: Program Board Game for Peace Berhasil Salurkan Nilai-Nilai Perdamaian ke Lebih dari 3.000 orang

Salah satu bahasan yang menarik selama diskusi adalah kemungkinan kerjasama untuk mengembangkan game terkait internet sehat dan keamanan di dunia maya. Hal lain yang juga jadi bahasan seru adalah soal kemunculan mengembangkan game untuk membangun kesadaran terkait aspek kesehatan mental secara luas.

Wah, nampaknya akan ada kolaborasi besar nih. Semoga semua inisiatif di atas membuka lebih banyak kesempatan untuk hadirnya game-game Indonesia terbaik, yang bukan hanya berkualitas tapi juga benar-benar bermanfaat untuk Indonesia.

You may also like