Wajib Coba! Situs Ini Mudahkan Kamu Membuat Prototipe Board Game

Wajib Coba! Situs Ini Mudahkan Kamu Membuat Prototipe Board Game

Satu hal yang musti kamu lakukan setelah mendapat ide untuk merancang board game tentu harus cepat-cepat dicatat sebelum lupa. Begitu catatanmu penuh coretan ide, kamu perlu menuangkannya menjadi sebuah purwarupa atau prototipe agar bisa segera diujicoba.

Bagi yang belum pernah merancang board game, mungkin agak bingung bagaimana langkah awal membuat prototipe. Padahal langkahnya sederhana saja. Cari secarik kertas, gunting-gunting kemudian berikan informasi secukupnya seperti memberi angka, efek kartu, tanda warna (color-coded) atau tanda bentuk (shape-code). Tidak perlu ada gambar yang detail, toh masih prototipe yang pastinya belum sempurna.

Kalau sudah puas dengan alur permainan yang ada, mungkin kamu mulai berpikir untuk membuat prototipe yang lebih niat dengan membuat versi cetak sederhana. Bagi kamu yang mungkin tidak terlalu fasih menggunakan perangkat pengolah gambar bisa jadi bakal agak repot. Tapi tenang saja, kamu bisa manfaatkan situs Card-a-mon.

Bisa untuk mendesain kartu depan dan belakang sekaligus

Mendesain Kartu Untuk Prototipe Kini Jadi Lebih Gampang

Situs yang dikembangkan oleh Dalius Dobravolskas ini memang difungsikan untuk memudahkan membuat card game (atau board game yang memiliki komponen kartu). Di sini kamu bisa membuat kartumu sendiri, mulai dari menentukan ukuran kartu hingga menyusun tata letak setiap gambar dan teks.

Baca juga: Jangan Bingung! Ini Bedanya Board Game, Card Game, dan Tabletop Game

Ya! Kamu tinggal klik tambah gambar atau tambah teks untuk melakukannya. Ukurannya juga bisa kamu atur.

Perlu mendesain kartu depan dan kartu belakang? Bukan masalah, situs ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuat desain kartu depan dan belakang sekaligus. Mengklong kartu juga bisa, berguna kalau kamu mau mengerjakan kartu yang sejenis tapi tak sama. Kamu pun bisa menentukan berapa jumlah kopi setiap kartu.

Prototipe PDF
Hasil jadi versi PDF, sudah ada garis potong

Tak hanya itu, output yang didapat bisa berupa PDF atau PNG. Menariknya lagi, kalau kamu meminta output berupa PDF, kamu bisa menambahkan opsi berupa garis potong yang nanti berguna saat mencetak dan memotong.

Lumayan nih! Hanya saja kamu perlu membiasakan diri dengan cara kerja situs ini. Kalau sudah paham, jadinya bakal gampang banget. Kami akan coba membuatkan tutorial dalam bahasa Indonesia dilain kesempatan. Untuk sementara kamu mungkin bisa mempelajari cara pemakaiannya dalam bahasa Inggris lewat tautan ini.

Bagaimana? Langsung semangat untuk membuat prototipe board game atau card game asli Indonesia? Kunjungi situs Card-a-mon untuk eksekusi.

 

You may also like