Shōbu, Game Mirip Go Ini Gunakan Batu Jadi Komponen Permainan!

Shōbu, Game Mirip Go Ini Gunakan Batu Jadi Komponen Permainan!

Kalau diperhatikan, benda yang bisa berubah fungsi menjadi komponen board game ada banyak macamnya. Mulai dari kertas, pensil, hingga batu – tunggu dulu, batu? tenang, kamu tidak salah baca kok. Permainan papan satu ini memang memakai benda ini sebagai pion layaknya catur dan Go.

batu
Shobu di Origins Game Fair 2019 | Foto: BoardGameGeek

Berjudul Shōbu (berasal dari gabungan huruf Kanji yang berarti menang dan kalah), game ini merupakan sebuah desain game dari Manolis Vranas dan Jamie Sajdak. Bentuknya cukup sederhana dengan papan kayu yang terbagi menjadi empat area oleh seutas tali tebal. Uniknya, game ini tidak memakai bidak berbahan plastik atau kardus, melainkan bebatuan berwarna hitam dan putih.

Baca Juga: Keren! HBO Segera Luncurkan Set Catur Yang “GoT” Banget!

Terinspirasi oleh permainan catur/checkers, cara bermain game ini bukannya tidak memberi kejutan. Pertama, satu pemain boleh menggerakkan batu maksimal dua langkah ke segala arah. Kemudian pemain bisa menggandakan langkah awal untuk menjatuhkan milik lawan. Hilangkan semua batu lawan di satu dari empat area papan untuk menjadi juara. Seru ya!

batu
Bebatuan ini dipakai seperti bidak catur lho | Foto: BoardGameGeek

Dirilis oleh Smirk & Laughter, game ini baru akan rilis di Amerika Serikat awal bulan Juli. Harganya dipatok sebesar $30 atau 424 ribu rupiah.

Sumber: Tabletop Gaming News

You may also like