Di Afrika, Board Game Bantu Bidan Mencatat Data Pasien

Di Afrika, Board Game Bantu Bidan Mencatat Data Pasien

Board game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan semata, namun board game juga bisa digunakan untuk hal yang lebih serius. Itulah yang dikerjakan oleh Profesor Dame Tina dan tim dari Universitas Kebidadan di Manchester. Mereka membuatkan sebuah board game untuk membantu para Bidan di Afrika.

Bagaimana bisa board game membantu kerja para bidan?
Di Afrika, para bidan kesulitan untuk mengisi partograph, sebuah sistem yang digunakan untuk mencatat denyut jantung, tekanan darah, suhu tubuh hingga masalah-masalah yang dialami ketika pasien melahirkan.

Partograf diajarkan kepada bidan-bidan di Africa melalui board game | Foto: bbc.com

Nah, Prof. Tina dan tim ini membuat board game yang serupa dengan ular tangga untuk melatih para bidan di sana. Bedanya dengan ular tangga adalah tidak ada kotak ular maupun tangga, yang ada adalah pertanyaan acak seputar kejadian-kejadian yang mungkin terjadi di lapangan. Contoh pertanyaannya, ketika seorang ibu memiliki tekanan darah tinggi menjelang kelahiran, apa yang harus dilakukan? Atau apa saja gejala-gejala pre-ekslamsia yang dialami seorang ibu hamil?

“Partograf dapat membantu mencegah kematian dan risiko penyakit saat melahirkan. Namun sangat sedikit bidan yang mampu mengaplikasikan sistem ini,” tutur Prof Dame, dikutip dari BBC, Selasa (18/8/2015). Board game buatan Prof Dame diuji cobakan pada 165 bidan di Afrika.

“Hasil penelitian pertama sangat positif. Kami membantu para bidan untuk mengingat kembali apa yang sudah mereka pelajari sekaligus memberikan pengetahuan baru,” tuturnya.

Penerapan board game di bidang kesehatan tidak hanya itu saja, sudah ada sekelompok suster yang juga membuat board game untuk meningkatkan kepedulian pada pasien.

Sumber: bbc.com

You may also like