Board Game Terbaik 2019 Ini Bisa Bantu Kenalkan Ragam Jenis Burung Pada Anak

Board Game Terbaik 2019 Ini Bisa Bantu Kenalkan Ragam Jenis Burung Pada Anak

Senin kemarin (22/7), board game bertema burung berjudul Wingspan dinobatkan sebagai pemenang Kennerspiel des Jahres (Board Game Rumit Terbaik) tahun 2019. Di antara beberapa penghargaan board game lainnya, penghargaan inilah yang paling dinanti-nanti – layaknya Oscar di industri perfilman.

Baca juga: Just One dan Wingspan Sabet Gelar Board Game Terbaik Tahun 2019

Meskipun terbilang rumit, namun genre seperti ini yang banyak digemari di luar negeri – terutama di Eropa. Di sini pemain adalah para pakar, ahli, peneliti dan kolektor burung. Mereka akan berlomba menarik perhatian burung-burung terbaik agar mau singgah ke jaringan pelestarian satwa liar yang kamu kelola.

Wingspan | Foto: Yuho Lee (Boardgamegeek.com)

Terlepas dari kerumitannya, Wingspan rancangan Elizabeth Hargrave juga memiliki banyak nilai edukasi lho. Di dalam permainan yang diperuntukkan 1-5 pemain berusia 10 tahun ke atas, terdapat lebih 170 kartu burung yang berbeda-beda.

Di setiap kartunya, terdapat teks yang menjelaskan efek kartu. Namun, kalau kamu perhatikan baik-baik, tertera juga beberapa informasi menarik untuk dipelajari lho. Ada informasi tentang nama burung termasuk nama latin atau nama ilmiahnya, ukuran lebar sayap, lokasi habitatnya, dan sedikit fakta tentang burung tersebut.

Sebagai contoh simak salah satu contoh kartu dalam Wingspan berikut ini:

Contoh burung dalam Wingspan
Contoh | Gambar: Stonemaier Games

Dari gambar di atas, kamu bisa mengetahui bahwa Spotted Sandpiper memiliki nama latin Actitis Macularius (informasi ada di kanan atas) dengan lebar sayap 38 cm (tengah kanan) yang bisa ditemukan di benua Amerika (kiri bawah) dan fakta orang-orang memanggilnya dengan sebutan teeter-peeps dan tip-tails (bawah).

Contoh di atas baru satu burung, bagaimana dengan 169 kartu sisanya? Satu kartu saja sudah bisa memberikan banyak ilmu. Akan menarik kan? jika setelah memainkan Wingspan bersama dengan anak, kamu ajak mereka untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi tentang burung. Bisa jadi kelak putra-putri andalan ayah dan bunda benar-benar akan menjadi ahli atau pakar di bidang aviary.

Terlebih lagi adalah Wingspan bukanlah permainan perang atau soal perebutan wilayah, namun lebih ke permainan strategi yang juga bagus untuk mengasah analisa serta daya berpikir kritis pada anak.

Kamu juga bisa mempelajari tips dan trik bagaimana menghadirkan suasana belajar anak yang lebih interaktif dengan mengikuti Kelas Game Based Learning di Bandung. Informasi selengkapnya tentang kelas ini bisa kamu baca di sini.

Featured image: Sergi Nuñez (Boardgamegeek.com)

You may also like