Mau Bikin Sesi Bermain Keluarga, Simak Tipsnya Yuk!

Mau Bikin Sesi Bermain Keluarga, Simak Tipsnya Yuk!

Bermain board game bersama keluarga bisa jadi satu cara membangun kedekatan  dan mengurangi konsumsi gadget yang berlebihan. Kegiatan ini juga bisa dilakukan guru untuk membangun motivasi belajar siswanya. 

Namun, mungkin Anda juga pernah merasakan, untuk memulainya kadang ada ganjalan.

Nah, mari kita simak beberapa tips dari Hamzah Alfarabi, game designer yang karyanya pernah memenangkan kompetisi board game tingkat nasional. 

 

Menjadi Game Master

Board game sharing session bersama Hamzah Alfarabi.

Saat menggelar sebuah sesi bermain board game, baik untuk keluarga atau untuk siswa, mau tidak mau Anda sebenarnya berperan sebagai seorang Game Master. 

Nah, apa sih tugas Game Master tersebut? 

Menurut Hamzah ada beberapa tantangan yang perlu ditangani (dan dikuasai) oleh Game Master

  1. Understanding the game – Game master harus memahami permainannya. Ia harus sudah selesai membaca rule book dan idealnya, sudah mencoba menjalankan simulasi game tersebut alias bermain sendiri. 
  2. Understanding People – Game Master harus memahami siapa yang diajak main. Jika bermain bersama keluarga, Anda tentu tahu bagaimana watak dan kepribadian masing-masing. Jika bermain dengan orang lain, termasuk siswa, jangan lupa untuk mengetahui nama mereka. 
  3. Game Master Ego – Ego Anda jadi salah satu yang harus bisa dikuasai dengan baik. Kadang ada hal-hal yang Anda tidak suka, misalnya anak Anda memilih langkah yang tidak optimal, jangan terburu-buru mencegah atau mengkoreksinya. Ini adalah momen pembelajaran! 

Eh, Lupa...

Hamzah mengatakan, ada beberapa hal yag lazim dilupakan saat menjalankan sebuah sesi bermain. Hal itu adalah wajar dan sepenuhnya manusiawi. Supaya tidak lupa, berikut adalah beberapa di antara yang sering sekali dilupakan:

  1. Lupa menyampaikan obyektif permainan alias cara menang. Kadang, keasyikan menceritakan aturan permainan kita lupa memberi tahu pada kondisi apa pemain akan menang atau kapan permainan berakhir.
  2. Lupa hal-hal kecil pada aturan permainan. Bukan berarti harus hapal di luar kepala, tapi sebaiknya Anda punya gambaran jelas akan rule permainan atau setidaknya bisa memastikannya dengan tepat.
  3. Lupa nama. Ya, ini terutama berlaku kalau bermain dengan orang yang baru Anda kenal. Setelah menanyakan nama jangan lupa menyebut nama berulang. 

Butuh board game untuk main bersama keluarga? Simak pilihan Board Game Indonesia dalam Katalog Boardgame.id

Tips Memulai Permainan ​

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan dalam memulai dan menjalankan sebuah sesi bermain board game bersama keluarga, siswa ataupun teman-teman Anda. 

  1. Panggil Nama. Ketika masih menyampaikan aturan, mulailah dengan menyebutkan nama. Misalnya, saat mencontohkan sebuah langkah atau menjelaskan sebuah aturan. 
  2. Sampaikan ceritanya. Game ini bercerita soal apa, sampaikan dengan seru tapi juga singkat dan padat. Dengan tahu ceritanya, pemain bisa lebih terlibat lho!
  3. Coba susun SOP dalam menyampaikan game tertentu. Termasuk, kata Hamzah, apa bahan becandaan yang akan digunakan, cara bicara dan urutan alur penyampaiannya.
  4. Antusias. Tips paling pamungkas adalah tunjukkan antusiasme Anda, karena momen bermain dengan keluarga adalah upaya membangun momen bahagia. Bukan momen merengut dan kusut! 

Bagaimana? Anda sudah siap mencoba menggelar sesi bermain dengan keluarga? 

Jangan takut, memulainya memang bisa terasa sulit dan mungkin membuat Anda malas, tapi hasilnya bisa luar biasa. 

Yuk, ajak keluarga untuk main dulu! 

Dan jangan lupa untuk membagikan pengalaman bermain itu dengan kami, bisa lewat kolom komentar di bawah ini. 

You may also like