5 Board Game ini Soroti Kehidupan Ekosistem Laut di Bumi

5 Board Game ini Soroti Kehidupan Ekosistem Laut di Bumi

Tahukah kamu, bahwa kemarin merupakan hari perayaan bernama Hari Maritim Nasional? Tepat 74 tahun lalu, angkatan laut Indonesia berhasil mengambil alih kekuasaan militer laut Jepang. Karena peristiwa tersebut, tanggal 21 Agustus diperingati sebagai Hari Maritim Nasional Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Berkenalan Dengan Konservasi Lingkungan Lewat Kelima Board Game ini

Berbicara soal perairan, Indonesia memiliki wilayah air yang sangat luas dengan total 70% luas wilayah. Tak heran jika menteri kelautan kita, Bu Susi Pudjiastuti sangat gencar membanggakan laut nusantara. Laut sendiri memang banyak manfaatnya untuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Mulai dari sebagai tempat wisata, jalur transportasi hingga keberadaan barang tambang dan pembangkit listrik.

Keanekaragaman manfaat dan ajakan untuk melestarikan laut harus disebarkan ke semua kalangan. Salah satu cara yang menarik dan bisa diterima dari anak-anak hingga dewasa tentu saja bermain board game. Lantas, apa saja ya board game bertema laut yang bisa jadi pilihan kamu? berikut rangkuman dari kami.

Oceans

Hadir sebagai stand-alone game dari board game populer Evolution, game terbitan North Star Games ini mengajak kamu berpetualang mendalami  evolusi dunia bawah laut.  Kamu akan diajak mendalami rantai makanan oleh spesies air yang terus-menerus berkembang dari masa ke masa.

Laut

Didesain oleh empat desainer yaitu Nick Bentley, Dominic Crapuchettes, Ben Goldman dan Brian O’Neill, pemain harus menjadi spesies yang mampu bertahan hidup dari evolusi. Sama seperti seri Evolution lainnya, game ini sedikit banyak mengadaptasi konsep ilmu ekosistem sebenarnya: hewan besar akan memangsa yang lebih kecil. Oceans baru bisa didapatkan di tahun 2020 nanti ya.

Ocean Crisis

Akibat pemakaian plastik yang berlebihan, sekiranya sebanyak satu juta ton sampah mengalir ke laut setiap tahunnya. Dalam board game Ocean Crisis terbitan Shepherd Kits, Inc. ini pemain adalah penjaga kelestarian laut yang bekerjasama membersihkan tumpukan sampah dari laut.

Laut

Setiap giliran, tempatkan pekerja dengan memilih antara dua pilihan aksi, membersihkan sampah atau aktifitas lingkungan. Lempar dadu untuk menentukan sampah yang akan dibersihkan atau tempatkan tile jalan untuk aktifitas lingkungan. Jika pemain berhasil bertahan sebelum gunungan sampah terbentuk, semuanya memenangkan permainan. Oh ya, game ini juga memberi enam misi tambahan seperti menyelamatkan lumba-lumba atau melindungi hiu.

Reef Encounter

Setelah bekerjasama melindungi laut dari sampah, sekarang kita diajak untuk membudidayakan terumbu karang. Didesain oleh Richard Breese, tumbuhkan aneka macam jenis koral untuk mendapat poin. Caranya adalah dengan ‘memakan’ tile pemain sebelahmu agar bisa mendapat tile tersebut. Menariknya, setiap koral bisa melindungi diri dari serangan koral lain dengan menempatkan marker berbentuk udang.

Scuba

Diterbitkan tahun 2016 lalu oleh Keep Exploring Games, sebanyak 2-4 pemain adalah penyelam yang ingin melihat-lihat kehidupan bawah laut. Gunakan tile di papan untuk menemukan ikan dan koral dan mencetak poin. Kamu pun bisa mendapatkan harta karun dengan melihat temuan pemain lain! Tapi hati-hati, jangan sampai alat selammu hilang atau digigit oleh gurita. Hematlah oksigen yang kamu pakai, atau kamu tidak akan bisa kembali ke daratan dengan selamat.

Aquatico

Merupakan hasil kolaborasi Manikmaya Games dengan Coral Triangle Center di Bali, game ini mengambil latar ekosistem perairan di Indonesia. Pemain berlomba mengembangkan ekosistem perairan sebaik mungkin, dengan pencemaran seminimum mungkin agar hewan-hewan mau tinggal di ekosistemmu. Pemain yang berhasil mengumpulkan hewan paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Baca Juga: Cara Bermain Aquatico Card Game [Game of the Week]

Buat kamu yang tinggal di kota Bandung, kamu bisa membawa pulang Aquatico seharga Rp 200.000 secara langsung dengan mengunjungi Galeri Board Game Indonesia yang berada di PlaySpace by Boardgame.id di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kalau kamu berada di luar kota, bisa juga memesannya lewat Galeri online kami di Tokopedia. Atau hubungi kami via Whatsapp melalui tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid.

Selain Aquatico, masih ada banyak lho board game Indonesia yang lain. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di halaman Katalog Board Game Indonesia.

You may also like