Kata, Tantangan Utama Kalau Main 5 Board Game ini

Kata, Tantangan Utama Kalau Main 5 Board Game ini

Tahukah kamu, tanggal 8 September nanti merupakan International Literacy Day atau Hari Aksara Internasional? Dirayakan sejak tahun 1965, peringatan ini diumumkan oleh UNESCO sebagai bentuk perhatian pentingnya literasi bagi setiap manusia. Setiap tahunnya, organisasi dunia ini gencar mengingatkan berbagai komunitas untuk selalu belajar.

Baca Juga: Google Ada Board Gamenya? Game ini Tantang Kamu Tebak Kata Unik yang Ternyata Paling Dicari

Bukan tanpa alasan, pasalnya sebanyak 775 juta penduduk dewasa saat ini masih buta huruf. Dilansir dari data UNESCO, bahkan dua pertiga di antaranya adalah wanita dan sebanyak lebih dari 60 juta anak-anak juga masih sulit untuk bersekolah. Untungnya saat ini ada banyak cara untuk mengenal huruf dan kata, salah satunya adalah lewat board game.

Nah, penasaran board game apa saja yang menantang seberapa jauh kamu bisa mengolah kata? Berikut lima di antaranya.

Codenames

Kalau ditanya soal board game bertema kata, tentu game buatan Vlaada Chvatil inilah yang terlintas di otak pertama kali. Sebanyak empat pemain akan terbagi ke dalam dua tim (agen dan spymaster) dan harus berlomba untuk menebak kata di sejumlah kartu yang tersebar di meja permainan. Uniknya spymaster hanya boleh memberikan petunjuk berupa satu kata saja, sedangkan pemain sisanya harus dengan peka menunjuk kartu yang dimaksud.

Kata

Baca Juga: [Wawancara] Awal Mula Terciptanya Codenames, Ternyata Karena Bosan!

Selain versi originalnya, Codenames pun sudah diadaptasi dalam berbagai versi seperti Codenames Duet, Codenames: Picture bahkan Codenames: Marvel. Game ini bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan harga 365 ribu rupiah. Ada yang edisi bahasa Indonesia juga lho.

Decrypto

Kata

Didesain oleh Thomas Dagenais-Lespérance, kamu dan pemain lain akan dibagi menjadi dua tim dengan misi sederhana: memecahkan pesan berkode. Setiap tim akan mendapat sebuah layar berisi kantung dengan angka 1-4, tempat pemain menaruh kartu kata kunci. Berlangsung sebanyak dua ronde, tim pertama yang berhasil mengumpulkan dua token putih akan keluar sebagai juaranya.

Seperti Codenames, game ini juga telah hadir dalam banyak edisi salah satunya adalah ekspansi berbahasa Klingon. Decrypto dibanderol seharga Rp 365.000 dan bisa kamu beli di Tokopedia.

Paperback

Kamu akan berperan sebagai seorang penulis novel yang mencari ide untuk menulis karya best seller selanjutnya. Untuk itu, kamu harus memakai kartu huruf untuk membentuk kata-kata. Dapatkan kartu huruf dari dek, kamu juga bisa membeli huruf baru di central market. Sebagian besar huruf mempunyai kemampuan yang aktif saat digunakan, seperti bisa mengambil kartu tambahan atau poin ganda.

Kata

Baca Juga: Kamu Bisa Wujudkan Cita-citamu Jadi Penulis Novel Dengan Board Game ini

Didesain oleh Tim Fower, game ini juga merilis sekuelnya yaitu Hardback di tahun 2017. Paperback sendiri bisa didapat di Tokopedia dengan kisaran harga 420 ribu rupiah.

Just One

Dirilis oleh Repos Production yang dikenal menerbitkan 7 Wonders, game yang satu ini baru saja mendapat penghargaan Spiel des Jahres atau Board Game Terbaik tahun 2019. Nantinya sebanyak 3-7 pemain harus bekerjasama memberi petunjuk untuk satu orang yang tidak melihat sebuah kata. Sesuai judulnya, tiap orang hanya bisa memberi petunjuk berupa satu kata saja.

Menariknya pemain harus memikirkan kata seunik mungkin, karena jika ada beberapa pemain yang menuliskan petunjuk yang sama, maka petunjuk tersebut akan hangus. Jika hal itu terjadi, pastinya akan membuat si menebak kata akan semakin sulit menjawab. Just One juga sudah bisa dibeli seharga Rp 405.000 di Tokopedia.

Awwalan

Datang dari Demeira Nusantara, card game ini terlahir dari sebuah keinginan membantu anak-anak yang ingin belajar huruf-huruf arab dengan cara yang menyenangkan. Komponennya sendiri adalah kartu bertuliskan angka dan huruf Arab. Sangat cocok dimainkan oleh orang tua bersama anak dengan berbagai mode permainan. Menariknya, card game ini juga sudah bisa dicoba untuk anak umur 3 tahun ke atas lho. Caranya adalah membuat permainan ini sebagai flash card untuk mengenali aksara arab.

Buat kamu yang tinggal di kota Bandung, kamu bisa menebus Awwalan card game seharga Rp50.000 secara langsung dengan mengunjungi Galeri Board Game Indonesia yang berada di PlaySpace by Boardgame.id di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung.

Atau, kalau kamu tinggal di luar kota, bisa juga memesannya lewat Galeri online kami di Tokopedia. Bisa juga hubungi kami via Whatsapp melalui tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid.

Selain Awwalan, masih ada banyak lho board game Indonesia yang lain. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di halaman Katalog Board Game Indonesia.

You may also like