Rancang Board Game Bertema Sustainability Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Rancang Board Game Bertema Sustainability Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Mari Membuat Board Game dan Berkontribusi untuk Pembangunan Berkelanjutan

Sejatinya, board game bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Mereka sudah akrab dengan board game sejak kecil lewat Monopoly, Ular Tangga, Catur dan sebagainya. Namun, belakangan ini banyak yang baru tahu kalau board game punya potensi yang luar biasa. Dengan kelebihannya, board game bisa menjadi media yang kuat, topik yang sangat rumit dan kompleks bisa disampaikan dan disederhanakan lewat board game.

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan salah satu topik yang kerap dianggap bahasan yang cukup kompleks, namun penting untuk dipahami semua kalangan masyarakat karena SDGs menjadi tujuan global yang berpengaruh pada aktivitas keseharian kita. Karena itu, goal atau tujuan SGDs yang terkait dengan kemiskinan, pemanasan global, kebersihan lingkungan dan lainnya akan lebih mudah disampaikan ke generasi-generasi muda lewat permainan yang seru seperti board game.

Baca juga: Di Mata Dunia, Board Game Dengan Konten Indonesia Itu Unik, Segar dan Laku

Filantropi Indonesia dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia bekerjasama dengan Arcanum Hobbies dan Boardgame.id akan menyelenggarakan kompetisi rancang board game dengan tema Sustainable Development Goals. Pendaftaran karya untuk bisa diikutsertakan dalam kompetisi rancang board game ini dibuka mulai tanggal 5 September 2019 untuk peserta umum WNI dengan usia minimal 17 tahun. 

Tujuan dari diselenggarakannya kompetisi ini adalah menemukan nilai-nilai dari SDG yang dapat ditransformasi menjadi bentuk media permainan papan agar dapat dinikmati oleh orang tua dan anak, teman sekolah/kuliah, dan sebanyak mungkin orang. Dengan demikian harapannya nilai-nilai SDG tersebut dapat disampaikan secara lebih sederhana dan menyenangkan menyenangkan namun tetap relevan dengan keseharian kita.

Baca juga: Board Game Seperti Apa Sih yang Akan Mewakili Indonesia di Essen SPIEL?

Persyaratan mengikuti kompetisi sangat mudah, peserta hanya perlu mendaftarkan diri dan produk board game / card game yang telah dirancangnya melalui link berikut http://bit.ly/KRBGSDG2019. Pendaftaran akan ditutup 27 Oktober 2019. 

Para finalis akan dihubungi oleh Panitia Penyelenggara untuk mengikuti penjurian final di Jakarta pada tanggal 2-3 November 2019. Pada tahap ini finalis diharapkan bisa menyiapkan prototipe versi akhir untuk dipresentasikan di depan para juri. 

Peserta kompetisi diharapkan dapat menggali tema dan konten SDG secara mandiri. Meski demikian Panitia Penyelenggara juga akan mengadakan sesi tanya jawab berkenaan materi SDG bagi para peserta pada tanggal 13 September 2019. 

Kompetisi ini terselenggara berkat dukungan dari Ford Foundation. Tersedia total hadiah sebesar Rp10.000.000 untuk tiga board game terbaik serta insentif produksi pasca kompetisi bagi pemenang sebesar Rp20.000.000 telah disiapkan. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Galih (0856-8898-693).

You may also like