Tips Merancang Board Game yang Memberi Dampak (Serious Game) [Infografis]

Tips Merancang Board Game yang Memberi Dampak (Serious Game) [Infografis]

Game development adalah sebuah kombinasi seni, sains dan desain. Game yang memberikan dampak juga biasa disebut sebagai applied game atau serious game karena memiliki tujuan tertentu, yang dimana membutuhkan unsur khusus, seperti untuk pembelajaran, kesehatan dan lain sebagainya, yang tentu saja perlu perlakuan khusus di dalamnya.

Lalu jika kita tertarik untuk membuat sebuah serious game, bagaimana prosesnya? Berikut sebuah infografis mengenai tips mendesain game dengan proses yang unik untuk membuat serious game. Yuk kita simak!

serious game for impact
Infografis oleh Scottchendesign.com

Meskipun infografik di atas secara umum berbicara tentang proses perancangan serious game untuk platform digital, namun hampir seluruh aspek juga bisa diterapkan pengembangan untuk board game. Boleh dibilang yang mungkin menjadi pembedanya hanyalah production cost.

Untuk pengembangan board game tidak membutuhkan pengeluaran untuk browser game, digital game dan lain-lain alias jadi bisa lebih murah untuk biaya pengembangannya.

Kebetulan sampai akhir bulan Oktober ini sedang dibuka pendaftaran untuk Kompetisi Rancang Board Game bertema Sustainable Development Goals. Bisa dibilang board game yang dikembangkan untuk menjawab tantangan tersebut masuk ke dalam serious game, karena harapannya para pemainnya akan mendapat banyak manfaat.

Baca juga: Rancang Board Game Bertema Sustainability Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Nah! Dari seluruh proses di atas, salah satu yang terpenting adalah prototyping atau uji coba. Kamu tidak akan tahu board game yang sedang kamu garap sudah sesuai ekspektasi atau belum. Semakin banyak jam terbang playtest dengan sebanyak mungkin orang akan membawa karyamu menjadi lebih baik lagi.

Kalau kamu sedang mengembangkan board game dan butuh pemain untuk menjadi playtester. Daftarkan saja ke Prototype Day 4 hari Sabtu besok di Bandung. Informasi selengkapnya tentang Prototype Day dan pendaftarannya bisa kamu simak di artikel berikut: https://boardgame.id/butuh-pemain-jajal-board-game-prototype-day-4/

Artikel ini merupakan pembaharuan dari tulisan Rizal Riz yang telah diterbitkan pada tanggal 23 Agustus 2015 dengan judul “[Infografis] Tips Mendesain Game yang Memberikan Dampak (Serious game)

You may also like