Belajar Menghargai Perbedaan Lewat 5 Board Game Ini

Belajar Menghargai Perbedaan Lewat 5 Board Game Ini

Hidup dalam keberagaman sangatlah indah. Kita bisa belajar bertoleransi dan mempelajari banyak budaya dari segala penjuru daerah. Sayangnya beberapa orang belum bisa memahami kebaikan dalam perbedaan. Namun tahukah kamu, sebenarnya belajar tentang perbedaan itu tidak harus lewat sesuatu yang serius lho. Kamu bahkan bisa melihatnya dalam permainan, seperti board game.

Baca Juga: Uji Kemampuan Kerjasamamu Dengan 5 Judul Board Game Co-Operative Ini

Ya, sebagian besar board game memang membutuhkan lebih dari satu pemain. Wajar jika permainan ini dikenal bernilai sosial tinggi. Sama seperti pemainnya yang banyak dan punya ciri bermain yang berbeda-beda, rupanya tokoh yang kita mainkan dalam board game pun bisa beraneka ragam lho. Penasaran? Mungkin dari kelima board game ini kamu bisa belajar tentang indahnya perbedaan.

Pandemic Series

Sempat menjadi nominasi Spiel des Jahres 2009, game buatan Matt Leacock ini mengajak pemain bekerja sama meracik obat penawar untuk virus mematikan yang mengancam dunia. Game ini memberi karakter yang sangat beragam, sebut saja scientist, kolonel, dan pilot. Ada juga dokter hewan, peracik obat, hingga ahli pendeteksi virus.

Co-operative game

Dengan pilihan karakter berbeda, pemain harus bekerjasama membangun strategi dengan memanfaat kemampuan masing-masing. Kamu harus cepat karena penyakit yang kamu hadapi bisa menyebar dengan cepat. Jika kamu berhasil memusnahkan empat penyakit, seluruh pemain dinyatakan menang. Pandemic bisa kamu dapatkan di Tokopedia seharga Rp 645.000.

Flash Point Series

Berperan sebagai anggota tim petugas pemadam kebakaran, kamu dan pemain lain harus bekerjasama menyelamatkan tujuh dari sepuluh korban yang terjebak dalam sebuah kebakaran. Didesain oleh Kevin Lanzing, game ini juga membagi pemain dalam tugas yang berbeda. Mulai dari paramedis, kapten pemadam, teknisi, hingga ahli penyelamatan.

kartu karakter di board game Flash Point | foto: BoardGameGeek

Setiap putaran pemain bisa memilih aksi seperti memadamkan api, memindahkan korban atau bahkan menggunakan kendaraan darurat. Waspadalah karena jika ada empat korban yang tidak selamat atau ada bangunan yang hancur, seluruh pemain akan kalah dari permainan ini. Flash Point: Fire Rescue dibanderol sebesar Rp 645.000, bisa kamu beli di Tokopedia ya.

Forbidden Series

perbedaan
Forbidden Desert, salah satu judul dari seri Forbidden Board Game | Gambar: BoardGameGeek

Terdiri dari tiga judul: Forbidden Island, Forbidden Desert dan Forbidden Sky, game ini juga dirancang oleh Matt Leacock. Diterbitkan oleh Gamewright Games, seri board game ini mengajak pemain bertualang mencari artefak kuno di berbagai tempat. Hati-hati karena seluruh pemain harus bisa bertahan hidup untuk memenangkan permainan ini.

Selama permainan, pemain akan diberikan pilihan aneka karakter seperti pilot, explorer dan navigator. Tentu saja semua karakter mempunyai kemampuan berbeda yang membantu semua pemain dalam permainan.

Sub Terra

Dirilis oleh Inside The Box Board Game, kamu akan ditantang untuk menjelajahi gua yang gelap. Bersama pemain lain, berusahalah agar berhasil keluar dari gua dengan selamat. Selama permainan kamu akan bertemu berbagai rintangan seperti jalan sempit, banjir hingga monster.

perbedaan

Bisa dimainkan hingga 6 pemain, setiap giliran pemain harus meletakkan tile untuk membuka jalan dan mencari jalan keluar dari gua. Akan ada berbagai peran yang bisa dipilih seperti engineer yang bisa meledakkan bebatuan dan climber yang bisa memanjat celah sempit. Oh ya, game ini juga hadir dengan nuansa hitam dan biru hingga memberi kesan gelap dan suram persis saat di dalam gua.

Robinson Crusoe

Game buatan Ignacy Trzewiczek ini berkisah tentang kapal yang terdampar di pulau tak berpenghuni. Pemain sebagai penumpang kapal yang berhasil selamat harus bertahan hidup di tempat asing tersebut. Bekerjasamalah untuk menyelesaikan tantangan seperti membangun tempat berlindung, mencari makanan, sampai bertarung dengan binatang buas.

perbedaan

Nantinya pemain akan memilih satu dari empat peran yang ada. Yaitu koki, tukang kayu, penjelajah dan tentara. Gunakan kemampuan karaktermu untuk saling membantu, jangan lupa berdiskusi agar menemukan keputusan terbaik.

Sumber: BoardGameGeek

You may also like