Bedanya Winning Condition & End Game Condition – Bagian 1 [Bedah Board Game]

Bedanya Winning Condition & End Game Condition – Bagian 1 [Bedah Board Game]

Menentukan bagaimana akhir dari board game sedang dirancang kadang menjadi problematika tersendiri. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk menentukannya, hanya saja mungkin kita belum tahu mana yang paling tepat.

Dalam sesi Bedah Board Game yang berlangsung di PlaySpace by Boardgame.id hari Sabtu lalu (23/11), Isa R. Akbar (perancang The Festivals & Business Craft) mencoba mempresentasikan topik “Choose Your End Game” tentang alternatif-alternatif dalam menentukan akhir sebuah board game.

Simak juga materi Bedah Board Game lainnya di sini.

Perlu di garis bawahi dulu sebelumnya, kondisi menang (winning condition) dengan kondisi akhir permainan (end game condition) itu berbeda. Winning condition adalah syarat atau objektif yang harus dicapai pemain untuk memenangkan permainan. Sedangkan, end game condition lebih mengarah ke aturan bagaimana sebuah permainan akan berakhir.

winning condition berbeda dengan end game condition
Salah satu slide presentasi “Choose Your End Game”

Contohnya, dalam board game 7 Wonders. Permainan berakhir setelah fase perang di Age (ronde) ketiga, ini adalah end game condition. Namun pemenangnya ditentukan dari seberapa banyak poin yang didapat dari kartu-kartunya atau poin kemenangan saat perang, jadi ini adalah winning condition.

Kedua kondisi, akhir permainan & menang, mungkin saja tidak berhubungan langsung. Namun akan saling mempengaruhi. Pengaruhnya ada di lama durasi permainan, interaksi antar pemain dan mungkin dari jumlah poin yang dikumpulkan. Bayangkan kalau 7 Wonders dimainkan hanya dalam dua Age, tentu poin dan bahkan pengalaman bermain yang dimunculkan akan berbeda.

Contoh lain kondisi menang yang sering dipakai dalam board game di antaranya:

  • Menjadi yang paling kaya (paling banyak uang)
  • Mengumpulkan poin kemenangan (victory point) terbanyak
  • Bertahan menjadi pemain terakhir yang masih tersisa (tidak tereliminasi)
  • Pemain yang lebih dulu menghabiskan kartu (seperti UNO) atau resource lainnya
  • Menyelesaikan misi tertentu lebih dulu dari yang lain
  • Paling cepat mengumpulkan benda/resource tertentu dengan jumlah tertentu
  • dan lain-lain

Apapun objektif yang dikejar pemain dalam sebuah permainan, end game condition lah yang menjadi pelatuknya. Tugas para perancang board game adalah menyesuaikan rancangannya dengan menentukan kapan permainan akan berakhir. Memilih kondisi akhir permainan yang tepat bisa membuat permainan bisa terasa lebih seru, ada ending atau klimaks yang akan dirasakan pemain.

Di artikel berikutnya akan dibahas macam atau metode-metode menentukan akhir permainan dalam board game.

You may also like