Dr. Reiner Knizia: Board Game Dapat Membuat Orang Berkumpul [Bagian 1]

Dr. Reiner Knizia: Board Game Dapat Membuat Orang Berkumpul [Bagian 1]

Essen SPIEL merupakan pameran board game tahunan terbesar di Eropa yang diselenggarakan di kota Essen, Jerman setiap bulan Oktober selama empat hari. Pameran ini sudah berumur lebih dari 30 tahun dan karenanya budaya bermain board game di Eropa menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. Dan percaya atau tidak, Essen SPIEL bahkan telah menjadi destinasi liburan wajib bagi keluarga setiap tahun.

Baca juga: Keluarga Bermain di SPIELā€™19, Bukti Board Game itu Menyenangkan!

Di pameran Essen SPIEL kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang menyukai board game. Di antaranya ada para pemain board game, termasuk keluarga, anak-anak, remaja, dewasa hingga illustrator dan tentunya perancang board game.

Bicara tentang perancang board game, Boardgame.id berkesempatan untuk bertemu Dr. Reiner Knizia sewaktu Indonesia ikut pameran Essen SPIEL 2019. Beliau kami undang ke booth Archipelageek, sebuah booth yang dipersembahkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mendukung tumbuh kembangnya industri board game Indonesia.

Dr. Reiner Knizia merupakan seorang game designer kondang yang sudah melahirkan lebih dari 600 karya. Kesempatan bertemu dengan doktor sekaligus seorang matematikawan tentu tidak kami luputkan begitu saja. Kami mengundangnya untuk masuk ke sesi wawancara eksklusif di booth Archipelageek.

Kami membicarakan banyak hal termasuk mengulik awal cerita bagaimana beliau bisa menjadi seorang game designer seperti saat ini. Ia mengaku mulai merancang board game saat usia 8 atau 10 tahun!

Kami pun bertanya mengapa Ia suka merancang board game, Dr. Knizia menjawab dengan senang bahwa Ia ingin membuat game yang membuat banyak orang bisa berkumpul. Tidak hanya saat dimainkan, namun bahkan dari sejak merancangnya.

“Saya mau game menjadi sarana agar orang-orang bisa ikut serta, di mana setiap individu yang bermain membuat permainan terasa berbeda setiap sesinya,” ujar game designer yang populer dengan karyanya yang berjudul Tigris & Euphrates, Ra, Lost Cities dan lainnya.

Seperti apa cerita selengkapnya? Mari tonton video interview bagian pertama kami bersama Dr. Reiner Knizia berikut ini:

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id saat kami berkunjung ke Essen SPIEL 2019. Ada video interview kami dengan penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like